Dinsos Tangsel Pulangkan Para Pengemis ke Daerah Asal

By on Senin, 23 Juli 2018

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memulangkan para pengemis jalanan ke daerah asal. Dari data Dinsos Tangsel menyebutkan pada tahun 2017 lalu sebanyak 66 orang pengemis yang berasal dari Brebes, Cirebon, Indramayu dan Tangerang dipulangkan oleh Dinsos Tangsel. Sedangkan dari Januari hingga Juli tahun 2018 sebanyak 42 orang pengemis yang sudah ditangani dipulangkan kekampung asal mereka yakni Indramayu sebanyak 4 orang, dan 1 orang ke Jampang Tengah Sukabumi.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial dan Tunasusila pada Dinsos Tangsel Hadiana, menjelaskan, pada kenyataannya mereka yang direkrutmen menjadi pengemis di Tangsel sebenarnya dari kampung halamannya dijanjikan untuk bekerja sebagai tukang pijat .

“Dari hasil penelusuran setelah sampai di kampong halamannya seperti pernyataan ibu Cartem yang berasal dari Desa Suka Slamet, Kecamatan Kroya Indramayu, mereka mengungkapkan kalau mereka ke Tangsel untuk menjadi tukang pijat bukan pengemis,” jelasnya, Sabtu (21/7).

Para perekrut pengemis menggunakan keluguhan dan kurang pengetahuan mereka, sehingga mereka mau ikut untuk ke Tangsel.

“Perekrut mereka sangat pintar mengelabuhi para pengemis, sehingga mereka mau datang untuk mengemis di Tangsel, namun kita pun terus melakukan pengawasan dengan memulangkan mereka,” tutupnya. (red/fid)