Connect with us

Pemerintahan

Diskominfo Tangsel Paparkan Lima Program Unggulan 2023

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memaparkan lima program unggulan di tahun 2023. Program unggulan ini disampaikan dalam Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Diskominfo Tangsel, Dinas Perhubungan Tangsel dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Tangsel, dalam rangka Penyusunan rencana kerja tahun 2023, Kamis (17/3).

Plt Kepala Diskominfo, TB. Asep Nurdin menjelaskan bahwa lima program unggulan ini mencakup Implementasi Single Sign On, Tangsel Digital Innovation HUB, Festival IT Tingkat Nasional, Pengelenggaraan E-Sport tingkat nasional dan Portal Satu data.

”Seluruh program tersebut harus selaras dengan visi dan misi Kota Tangerang Selatan,” ujar Asep yang menambahkan bahwa visi Kota Tangsel adalah Terwujudnya Tangerang Selatan yang unggul menuju Kota Lestari, Saling Terkoneksi, Efektif dan Efisien.

Advertisement

Adapun Misi Kota Tangsel adalah Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Pembangunan Infrastruktur yang saling terkoneksi, Meningkatkan ekonomi berbasis nilai tambah tinggi di sektor ekonomi kreatif, membangun kota lestari dan membangun birokrasi yang efektif dan efisien.

Asep menjelaskan mengenai Fungsi Diskominfo dalam pembangunan daerah adalah melakukan pengelolaan opini, informasi dan kehumasan. Pembangunan, pengembangan, pengintegrasian dan pemelihaan sistem aplikasi.

”Kemudian melakukan pelaksanaan penyediaan sarana, prasarana dan pemeliharaan infrastruktur jarigan teknologi informasi komunikasi dan penyelenggara persandian,” ujar Asep.

Kemudian fungsi lainnya adalah pengembangan smart city serta pengelenggaraan statistik dan layanan pengadaan secara elektronik pada pemerintah daerah.

Advertisement

Dalam forum tersebut Asep juga menyampaikan beberapa pencapaian Diskominfo di tahun 2021, yaitu penerapan standar layanan informasi publik serta peningkatan layanan dan penerapan keterbukaan informasi dengan indeks kepuasan masyarakat bidang layanan komunikasi sebesar 81,7 persen di tahun 2020 dan 82,71 persen di tahun 2021.

Kemudian capaian selanjutnya adalah peningkatan layanan penyediaan sarana dan prasarana teknologi informasi dan komuniasi untuk mendukung pelayanan publik melalui penyediaan wifi di ruang publik dan kantor pemerintah.Dimana tahun lalu sebanyak 800 titik diberikan fasilitas internet gratis melalui wifi gratis. Dan targetnya di tahun 2023 ada 1.500 titik mendapatkan fasilitas ini.

Dari semua kinerja yang sudah dilakukan oleh Diskominfo dengan dukungan masyarakat, dia berharap semua program unggulan di tahun 2023 bisa diwujudkan dengan maksimal. (adv)

Advertisement

Populer