Connect with us

Pemerintahan

Fasilitas Publik di Tangsel Wajib Perhatikan Lansia

Pemerintah Kota Tangerang Selatan kembali mengeluarkan kebijakan khusus yang diperuntukan bagi kalangan warga lanjut usia (lansia) agar dapat menikmati fasilitas umum. Keberadaan para lansia harus tetap dihormati dan diperhatikan karena mereka pun mempunya hak yang sama seperti warga negara lainnya.

“Pihak yang mengajukan perijinan ke BP2T (Badan Pelayanan Perizinan Terpadu) baru dapat dikeluarkan apabila turut menyertakan fasilitas tersebut,” kata Walikota Airin Rachmi Diany saat melantik Komisi Daerah (Komda) Lansia di Bukit Golf BSD, Kecamatan Serpong, Jum’at, 13 Desember 2013.

Menurutnya di beberapa pusat perbelanjaan dan keramaian sudah ada fasilitas untuk  lansia atau penyandang disabilitas. Seperti mall, taman atau pun pusat perbelanjaan lainnya telah ada karena sudah jelas ketentuannya. Sementara di kantor-kantor pusat pemerintahan masih cukup minim.

Advertisement

Meski demikian, pemerintah daerah memikirkan agar fasilitas tersebut segera bisa disiapkan. Semisal ruang tunggu, jalur khusus dan rambu-rambu penunjang.  “Sudah akan disiapkan (fasilitas, red). Saat ini kami siapkan infrasturktur SDM-nya dulu. Hari ini sudah dilantik Komisi Daerah (Komda) Lansia,” terangnya.

Fasilitas Publik di Tangsel Wajib Perhatikan LansiaWalikota Airin berharap, melalui pelantikan ini kedepan diharapkan Komda Lansia tingkat kota dapat melebarkan sayap untuk juga membentuk di tingkat kecamatan dan kelurahan. Harapannya, agar pendataan mengenai jumlah lansia dapat diketahui secara riil serta kebutuhannya.

Lansia masih memiliki peran yang cukup penting dalam kemajuan Kota Tangerang Selatan. “Saya juga minta data riil dimiliki Komda Lansia tentang jumlah lansia di Tangsel. Jadi dapat menjadi acuan untuk program yang akan dilaksanakan bagi para Lansia,” harapnya.

Di tempat sama, Anggota Komda Lansia, Wijaya Kusuma, mengutarakan, ada 22 orang yang dilantik. Salah satu tugas Komda Lansia melakukan pendataan dan membantu para lansia. Kedepan terang Wijaya, pihaknya akan coba mengusulkan petugas khusus di pusat-pusat keramaian yang bertugas membantu para lansia.

“Termasuk juga penyediaan rambu-rambu khusus di penyeberangan umum untuk para lansia,” utara pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangerang Selatan ini. (Ris/TS/kt)

Advertisement

Populer