Connect with us

Ciputat Timur

Flyingboat GEVER-OS Uji Coba Perdana di Danau Situ Gintung

Satu lagi karya anak bangsa yang patut dianggakan. Flyingboat GEVER-OS siap lepas landas dan mendarat di permukaan air. Pesawat karya Indonesia Maritime Institute (IMI) ini akan terbang dengan Scala Model Flyingboat GEVER-OS.

Flyingboat GEVER-OS terbang perdananya,  di danau Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Perahu terbang ini  akan diuji coba untuk perdana kalinya, selain dari IMI, acara ini juga dihadiri dari TNI AL dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Advertisement

Flyingboat GEVER-OS termasuk pesawat amfibi yang bersayap tetap dan dilengkapi dengan lambung untuk memungkinkan pendaratan di air. Keuntungannya tentu saja bisa mendarat dan lepas landas, dan “berbaring” di air, tidak memerlukan landasan tanah.

Untuk penggunaan dalam bidang pertahanan, flying boat biasanya digunakan untuk patroli maritim dan misi penyelamatan udara-laut.

Beberapa flying boat modern di dunia antara lain Shuihong 5 Tiongkok, CL-415 Kanada, Beriev Be-200 Rusia, Catalina AS, ShinMaywa Jepang, Bavar 2 Iran dan lain-lain. Beberapa diantaranya adalah flying boat bermuatan besar, salah satunya ShinMaywa.

“Semoga Flyingboat GEVER-OS karya IMI ini bisa menjadi solusi meningkatkan konektivitas dan pengawasan perairan Nusantara serta menjadi kebanggaan Indonesia,” ujar Direktur Institut Maritim Indonesia (IMI), Y Paonganan, Rabu, (18/12). (sp/kt)

Advertisement

Populer