Connect with us

Lifestyle

Cara Menghilangkan Keriput di Wajah Pria

Kulit keriput akan muncul seiring bertambahnya usia baik itu untuk wanita maupun pria. Maka dari itu, para pria pun harus paham betul penyebab dan cara menghilangkan keriput di wajah agar tidak mengganggu penampilan.

Penyebab munculnya kerutan pada wajah pria

perawatan kulit untuk pria

Kerutan wajah ditandai dengan munculnya garis-garis halus pada bagian dahi, bawah mata, atau dagu. Penyebab keriput pada pria sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wanita. Hanya saja, mereka lebih rentan terhadap faktor-faktor berikut.

1.  Sering terkena sinar matahari

Sinar matahari merupakan penyebab utama keriput, entah itu pada wanita maupun pria. Jika kulit sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, serat kolagen yang pada jaringan kulit bisa rusak sehingga tidak lagi mampu menjaga kekenyalan kulit.

Advertisement

2. Punya kebiasaan merokok

Selain merusak organ vital, kebiasaan merokok bisa merusak kulit. Pasalnya, asap dan zat kimia pada rokok bisa memperparah kerutan pada wajah. Ini sebabnya salah satu cara menghilangkan keriput di wajah pria ialah dengan berhenti merokok.

3. Perubahan jumlah hormon testosteron

Ada banyak perubahan yang mungkin terjadi pada tubuh seorang pria akibat penurunan testosteron, misalnya berkurangnya kelenturan kulit. Kondisi ini akan memunculkan garis-garis halus pada wajah dan membuat kulit tampak mengendur.

4. Warna kulit

Orang berkulit gelap memiliki lebih banyak pigmen melanin. Warna kulit yang gelap juga menandakan bahwa kulit gelap lebih terlindungi dari sinar matahari dibandingkan orang berkulit terang. Ini karena fungsi lain melanin yakni melindungi kulit dari sinar matahari.

5. Ekspresi wajah

Secara teori, Anda bisa menghilangkan kerutan di wajah pria dengan cara mengurangi ekspresi wajah. Ini karena ekspresi tersenyum, cemberut, dan mengerutkan dahi akan menarik kulit dan membuat otot wajah harus berkontraksi.

Advertisement

6. Kehilangan lemak pada wajah

Orang yang memiliki lebih banyak lemak pada wajahnya cenderung tampak awet muda bila dibandingkan dengan orang berpipi tirus. Akan tetapi, lemak ini akan menghilang seiring waktu sehingga kulit tampak mengendur dan berkerut.

7. Faktor keturunan

Jika anggota keluarga Anda memiliki kerutan pada usia muda, Anda juga berpeluang mengalami kondisi yang sama. Faktor keturunan memang tidak bisa diubah, tapi Anda dapat memperlambat proses penuaan dengan perawatan kulit dan gaya hidup sehat.

Cara menghilangkan keriput di wajah pria

Bagi para pria yang sedang bermasalah dengan garis-garis halus dan keriput, berikut berbagai tips yang bisa membantu Anda mengatasinya.

1. Menggunakan tabir surya

Tabir surya akan melindungi kulit Anda dari efek negatif sinar ultraviolet. Sebuah studi pada 2013 bahkan menunjukkan bahwa penggunaan tabir surya secara rutin dapat mengurangi tampilan keriput dan kulit kasar hingga sebesar 24 persen.

Advertisement

2. Mengoleskan minyak kelapa

Cara ini dapat membantu menghilangkan keriput di kulit pria secara alami. Ini karena minyak kelapa merupakan pelembap kulit alami yang akan mengisi celah pada jaringan kulit Anda. Hasilnya, kulit akan menjadi lebih lembap, kenyal, dan lembut.

3. Berhenti merokok

Merokok membuat kulit Anda terkena radikal bebas dan zat kimia berbahaya. Lambat laun, kebiasaan ini bisa menyebabkan keriput dan munculnya flek hitam. Maka dari itu, mulailah langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk berhenti merokok.

4. Mencuci muka secara rutin

Bersihkan muka Anda setiap pagi dan malam hari. Kebiasaan cuci muka akan membersihkan kotoran dan zat kimia dari lingkungan yang menempel pada kulit Anda. Dengan begitu, kulit Anda akan terlindungi dari kerusakan dan radikal bebas.

5. Tidur telentang

Para pria dapat menghilangkan kerutan di wajah dengan cara sesederhana mengubah posisi tidur. Tidur miring ke satu sisi akan menekan kulit sehingga menimbulkan keriput. Dengan tidur telentang, Anda membuat kulit lebih rileks karena tidak ada tekanan.

Advertisement

6. Menggunakan produk skincare dengan retinol

Retinol merupakan sejenis vitamin A yang menjadi bahan aktif dalam banyak produk anti-aging, terutama krim penghilang keriput. Menurut para ahli, retinol dapat mengatasi keriput dengan cara menangkal sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit.

7. Membatasi asupan gula

Gula dapat memicu reaksi kimia yang disebut glikasi. Reaksi ini menghasilkan zat sisa bernama AGEs yang dapat merusak kulit dan membuat Anda tampak lebih tua. Anda dapat mencegah hal ini dengan membatasi asupan gula harian.

Para pria pun tidak luput dari masalah kulit yang dialami wanita, termasuk kulit keriput. Kenali faktor-faktor yang menjadi penyebabnya. Setelah itu, Anda dapat mencari cara yang sesuai untuk mengatasinya. (Hello Sehat)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer