Connect with us

Lifestyle

Manfaat Omega 3 dan Omega 6 untuk Tumbuh Kembang Anak

Asam lemak omega-3 dan 6 adalah dua jenis asam lemak yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Sayangnya, sebagian orangtua mungkin belum tahu betul apa itu asam lemak omega-3 dan 6 sehingga asupan untuk anak-anaknya masih terbilang rendah. Padahal, manfaat omega 3 dan 6 untuk kesehatan anak sangat banyak, lho.

Apa saja manfaat omega 3 untuk tumbuh kembang anak?

Sebelum mengetahui manfaat omega 3 untuk tumbuh kembang anak, Anda perlu tahu dulu apa itu omega 3. Asam lemak omega-3 adalah jenis asam lemak yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga harus dipenuhi lewat asupan makanan.

Sumber asam lemak omega-3 terbaik ada pada berbagai jenis ikan berlemak, contohnya sarden, makerel, dan salmon. Karena itulah, WHO menganjurkan Anda untuk makan ikan setidaknya dua porsi per minggu untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3, seperti dikutip dari Healthline.

Advertisement

Namun, saat ini juga sudah tersedia susu yang diperkaya dengan omega-3 sehingga lebih praktis untuk diminum sehari-haru.

Lalu, kenapa anak juga harus makan makanan yang kaya omega-3? Ini karena ada banyak sekali manfaat omega 3 untuk kesehatan fisik dan mental anak yang sayang untuk dilewatkan.

Berbagai manfaat omega 3 untuk anak adalah:

1. Meningkatkan kecerdasan anak

Salah satu manfaat omega 3 yang tak boleh dilewatkan adalah meningkatkan kecerdasan anak. Sebuah penelitian dari Oxford University mengungkapkan bahwa anak yang mendapatkan asupan omega-3 yang cukup cenderung lebih mampu fokus dan lebih mudah memahami pelajaran.

Advertisement

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu menguatkan fungsi otak anak. Alhasil, anak jadi lebih mudah konsentrasi dan secara tidak langsung meningkatkan kecerdasannya.

2. Meningkatkan kemampuan membaca

Ketika belajar di sekolah, anak membutuhkan koordinasi yang seimbang antara tangan dan mata saat mencatat pelajaran maupun mengerjakan tugas. Nyatanya, kemampuan ini dapat dibantu dengan asupan asam lemak omega-3, lho.

Anak-anak yang rutin diberikan makanan kaya asam lemak omega-3 cenderung lebih mudah untuk menyeimbangkan gerakan tangan dan mata. Hal ini dibuktikan oleh Profesor Paul Montgomery yang merupakan seorang peneliti asal Oxford University.

Ia mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki kadar omega-3 yang tinggi dalam darahnya cenderung mampu membaca dengan baik. Tak hanya itu, mereka juga memiliki lebih sedikit masalah perilaku di sekolah.

Advertisement

3. Mencegah dari berbagai penyakit

Kalau Anda ingin si kecil tetap sehat sepanjang hari, coba berikan ia makanan kaya asam lemak omega-3. Pasalnya, omega-3 dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga membuat si kecil terbebas dari penyakit.

Asupan asam lemak omega-3 untuk anak dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik alias HDL. Kadar trigliserida, tekanan darah, dan pembentukan plak di pembuluh darah pun akan berkurang. Dengan demikian, si kecil akan terhindar dari risiko hipertensi dan penyakit jantung di masa mendatang.

Manfaat omega 3 nyatanya belum berhenti sampai disitu. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengendalikan berat badan sekaligus mengecilkan lingkar pinggang. Dengan demikian, si kecil akan terhindar dari risiko obesitas sejak kecil hingga dewasa.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Minyak ikan sudah banyak digunakan sebagai obat depresi untuk dewasa. Akan tetapi, para ahli mengungkapkan bahwa hal ini juga berlaku untuk anak-anak.

Advertisement

Ya, selain meningkatkan kesehatan secara fisik, manfaat omega 3 juga sangat erat dengan kesehatan mental anak. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit mental, contohnya depresi, skizofrenia, dan penyakit bipolar pada anak usia 6 sampai 12 tahun.

Apa saja manfaat omega 6 untuk tumbuh kembang anak?

Sama seperti omega-3, omega-6 juga termasuk asam lemak yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Karena itulah, anak memerlukan asupan omega-6 tambahan dari luar lewat makanan yang bergizi, termasuk dari susu yang sudah diperkaya dengan omega-6..

Sebetulnya, manfaat omega-6 pun hampir sama dengan manfaat omega 3. Salah satunya adalah mampu mengurangi berbagai gejala penyakit kronis, contohnya hipertensi, obesitas, dan diabetes.

Berdasarkan studi yang diterbitkan pada Journal of the Academy of Nutrition Dietetics tahun 2014, omega-6 gamma-linolenic acid (GLA) dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sekaligus mengendalikan gula darah. Pada akhirnya, anak akan terhindar dari risiko terkena diabetes tipe 2 di masa depannya.

Advertisement

Selain meningkatkan kesehatan anak secara fisik, manfaat asam lemak omega-6 juga dapat menunjang prestasi akademiknya, lho. Menurut sebuah penelitian dari Sahlgrenska Academy di University of Gothenburg di Swedia, asupan asam lemak omega-6 dapat membuat anak jadi rajin membaca.

Anak-anak yang bermasalah dalam hal konsentrasi sangat terbantu dengan asupan omega-6. Alhasil, mereka jadi lebih mudah fokus saat membaca, bahkan kemampuan membacanya terus meningkat dari hari ke hari. Bila diteruskan, hal ini tentu dapat meningkatkan prestasi anak di bidang akademik.

Secara keseluruhan, omega 3 dan 6 bukan hanya penting untuk fungsi kognitif dan kecerdasan anak, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan mata, otak, dan mentalnya. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan omega 3 dan 6 sehari-hari bagi si kecil sudah terpenuhi. Pastikan sudah ada ikan atau telur di dalam asupan makanan si kecil sehari-hari, dan tak lupa minimal segelas susu yang sudah diperkaya dengan omega-3 dan 6.

Maka itu, pastikan Anda sudah memberikan si kecil susu yang memiliki kandungan omega 3 dan 6 paling tinggi. Selain baik bagi kesehatan anak, susu yang tinggi omega 3 dan 6 dapat meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan anak di masa pertumbuhannya.

Advertisement

Kabartangsel.com

Source

Pemerintahan2 hari ago

Jelang Porprov VII Banten 2026, Tangsel Percepat Finalisasi Venue dan Akomodasi

Pemerintahan2 hari ago

Jelang HUT ke-81 RI, Pemkot Tangsel Terus Matangkan Persiapan Upacara Kemerdekaan

Sport3 hari ago

Jadwal Dewata Challenge Series 2026: Bali United, Persib Bandung, dan Sabah FC

Pemerintahan3 hari ago

Kemarau Panjang, Pilar Saga Ichsan: Pemkot Tangsel Salurkan 339.200 Liter Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan

Serba-Serbi3 hari ago

Apa Itu DESIL?

Serba-Serbi3 hari ago

Cara Cek Desil DTSEN BPS dengan NIK

Sport4 hari ago

Jadwal Brisbane Roar vs Dewa United dan Persija Jakarta

Sport4 hari ago

Brisbane Roar Gelar Tur Pramusim ke Indonesia, Siap Jajal Kekuatan Dewa United dan Persija Jakarta

Banten4 hari ago

Dewa United Siapkan Kekuatan Baru di Super League 2026/2027

Sport4 hari ago

Persita Tangerang Datangkan Tyronne del Pino di BRI Super League 2026/2027

Banten4 hari ago

Dewa United Basketball Academy Jadi Wadah Pembinaan Talenta Muda Banten

Nasional4 hari ago

Wapres Gibran Rakabuming Raka Dorong Guru Besar Perkuat Kontribusi Bagi Pembangunan Nasional

Kuota Haji Reguler Terisi 70%, Pelunasan Sampai 14 Maret 2025
Hukum4 hari ago

Dugaan Korupsi Haji, Gus Alex Bantah Tuduhan Memperkaya Diri

Sport5 hari ago

18 Tim Peserta BRI Super League 2026/2027

Bisnis5 hari ago

Bank Jakarta Siap Bangun Biodigester Komunal Sampah Organik di Jakut

Kepala Diskominfo Kota Tangerang Selatan, Tb. Asep Nurdin
Pemerintahan5 hari ago

Diskominfo Tangsel Perluas Literasi Digital: Sasar Santri, Pemuda hingga Masyarakat Kewilayahan

Banten5 hari ago

Andra Soni: Sekolah Rakyat Mengurangi Angka Putus Sekolah di Provinsi Banten

Hukum5 hari ago

Polsek Kelapa Dua Amankan Tiga Terduga Pelaku Peredaran Obat Daftar G Tanpa Resep Dokter

Hukum5 hari ago

Kapolres Tangsel Ajak Pelajar Jauhi Tawuran dan Narkoba

Hukum5 hari ago

Sasar Lokasi Rawan Cegah Kejahatan Malam, Polsek Pondok Aren Patroli Razia Stationer

Pemerintahan3 minggu ago

Penataan Kabel Udara di Tangsel Terus Berlanjut, Jalan WR Supratman dan Merpati Raya Kini Lebih Rapi

Otomotif3 minggu ago

6 Mobil yang Wajib Dilihat di GIIAS 2026, ICAR V23 Jadi Pilihan Mobil Listrik Keren untuk Perkotaan

Sport6 hari ago

Daftar 18 Klub Peserta Super League 2026/2027, Lengkap dengan Kode Tim

Pemerintahan2 minggu ago

Transformasi Posyandu di Tangsel, Pilar Saga Ichsan: Kini Tak Sekadar Layanan Ibu dan Anak

Sport5 hari ago

18 Tim Peserta BRI Super League 2026/2027

Otomotif3 minggu ago

GIIAS 2026 Digelar 30 Juli sampai 9 Agustus

Sport6 hari ago

Jadwal Lengkap Super League 2026/2027 Pekan Pertama, 4-6 September 2026

Techno2 minggu ago

Dugaan Penipuan Neva Convert, Banyak Korban Keluhkan Tukar Pulsa ke Saldo DANA Tidak Masuk

Bisnis3 minggu ago

PNM Excellence Awards 2026, Apresiasi 70 Ribu Insan di Usia 27 Tahun

Bisnis3 minggu ago

SCG Dorong Inovasi Konstruksi Berkelanjutan dan Perluas Kapasitas Produksi

Bisnis3 minggu ago

Pembukaan Rute dan Layanan Baru Dongkrak Arus Peti Kemas Nasional

Bisnis3 minggu ago

Pacu Pertumbuhan Berkelanjutan, Telkom Perkuat Kepatuhan Regulasi

Bisnis3 minggu ago

Bersama PNM Mekaar Mesin Jahit Tua Utari Mampu Menghidupi Lima Keluarga

Bisnis3 minggu ago

Cetaphil Derm On Tour Hadirkan Edukasi Kulit Sensitif

Bisnis3 minggu ago

Menteri PPPA dan Kepala BPS Apresiasi Pemberdayaan PNM untuk Usaha Ekonomi Sirkular

Bisnis3 minggu ago

PNM Siapkan Babak Baru Transformasi Berbasis Kebermanfaatan

Sport2 minggu ago

Jadwal Semifinal Piala Presiden 2026 Persebaya Surabaya vs Arema Malang

Nasional3 minggu ago

Menteri UMKM Maman Abdurrahman dan Kepala BPOM Teken MoU, Luncurkan Program SAPA SEMESTA UMK Pangan Olahan

Otomotif2 minggu ago

Suzuki Access 125, Rekomendasi Motor Matic 125cc yang Nyaman, Awet, dan Bergaya Retro

Nasional3 minggu ago

Perkuat Ekosistem Kewirausahaan Nasional, Kementerian UMKM Sambut Baik Terbentuknya PEWIRA

Populer