Connect with us

Tangerang Selatan

MGMP dan KKMI Kota Tangsel Gelar Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Published

on

MGMP dan KKMI Kota Tangsel Adakan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, pada Rabu (27/10/2021) membuka dua kegiatan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), yaitu MGMP MTs Kota Tangsel di MTsN 1 Tangsel, dan KKMI Kota Tangsel di MIN 3 Tangsel.
Pelatihan ini bertujuan dalam rangka meningkatkan kompetensi Kepala Madrasah, khususnya dalam hal manajerial dan supervisi.
Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor juga menjadi Narasumber membawakan materi berjudul “Moderasi, Toleransi, dan Keberagaman.”
Dalam paparannya dijelaskan di negara Pancasila, agama tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan demokrasi. Negara memfasilitasi kehidupan agama dan beragama, dan pada saat yang sama Indonesian juga tidak menolak perkembangan peradaban.
“Karena itu, penerimaan normatif terhadap agama di sisi dan penghargaan terhadap perkembangan peradaban manusia di sisi lain, menjadikan Indonesia bukan negara agama, bukan pula negara sekuler,” jelasnya.
Ditambahkannya, wujud toleransi di Indonesia dibuktikan dalam hal hal dalam kehidupan warganya.
“Meski suku Jawa adalah mayoritas, tapi bahasa Jawa tidak menjadi bahasa Nasional. Meski Islam mayoritas, hari libur mingguan adalah Minggu bukan Jum’at. Pada hari Jum’at, terlepas apapun agamanya, semua pekerja pulang setengah jam lebih lambat. Dan banyak lagi contoh lainnya,” ujarnya.
Kepala MTsN 1 Tangsel, Ulik Widiantoro, berharap kegiatan PKB ini dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan keilmuan dan mempererat silaturahmi. Hal senada juga disampaikan Kepala MIN 3 Tangsel, Jetty Maynur.
Pelatihan ini diadakan pada tanggal 27 Oktober hingga 2 Desember 2021, dengan sistem 5 IN dan 4 ON. (afm/fid)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer