Connect with us

Tangerang Selatan

MIN 3 Tangsel Gelar Raker 2022-2023 dan Launching Kipin

MIN 3 Tangsel Gelar Raker 2022-2023 dan Launching Kipin

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Tangsel menggelar Rapat Kerja (Raker) Tahun Pelajaran 2022-2023, Kamis (23/06/2022) bertempat di MIN 3 Tangsel. Kegiatan tersebut sekaligus launching Kipin atau Kios Pintar.

Si Kipin adalah Teknologi Informasi berupa sebuah kios dengan layar sentuh sebagai tempat pustaka pembelajaran. Berisi ribuan buku pelajaran sekolah, ratusan paket soal tryout, video pendidikan Indonesia, dan komik pendidikan untuk tingkat MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA/SMK.

Si Kipin tidak memerlukan mouse, keyboard, maupun colokan. Semua fiturnya dapat dibuka hanya dengan sebuah layar sentuh. Sangat mudah dan efektif, bahkan untuk memperbesar tampilan layar, memilih paket soal, memutar video, maupun membalik halaman-halaman buku, cukup menggunakan ujung jari saja.

Advertisement

Kasi Penmad Kemenag Tangsel, Muhammad Edi Suharsongko, yang hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan tentang pentingnya sinergitas Komite madrasah, Kamad, Dewan Guru, staf TU, dan Seksi Penmad dalam mewujudkan program-program MIN 3 Tangsel yang mengembangkan pembelajaran modern.

“Terima kasih kepada komite madrasah yang mendukung seluruh program MIN 3 Tangsel, dan kami mohon seluruh civitas akademika MIN 3 Tangsel untuk saling bahu membahu menyusun program yang mendorong terus kemajuan di MIN 3 Tangsel,” ujarnya.

Lebih lanjut Kasi Penmad menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya launching Kipin School 4.0, sebuah aplikasi edukasi yang merevolusi dunia pendidikan seiring lahirnya Revolusi industri 4.0 dengan visi menjadikan distribusi pendidikan yang murah, merata, dan efektif.

“Kipin school 4.0 mendukung proses belajar madrasah/sekolah sesuai kurikulum pemerintah Indonesia K13 dan Kurikulum Merdeka Belajar dengan mengisi konten-konten Buku Pelajaran madrasah/sekolah, Video Pelajaran, Soal Tryout, bacaan literasi dan ujian. Ini menuntut para dewan guru untuk mempersiapkan pembelajaran digital yang modern,” tandasnya.

Advertisement

Ketua Komite Madrasah, Ahmad Taufik, MZ, menyampaikan siap memberikan support secara maksimal. Pihaknya berharap Raker MIN 3 Tangsel ini dapat menghasilkan program-program kegiatan yang produktif dalam mewujudkan MIN 3 Tangsel yang mandiri dan berprestasi.

“Terima kasih kepada Kemenag Tangsel melalui seksi Penmad-nya yang selalu mendampingi MIN 3 Tangsel dan Madrasah di Tangerang Selatan. Terima kasih juga kepada ibu Kamad, dewan guru, dan staf TU yang tak kenal lelah dalam memajukan MIN 3 Tangsel,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MIN 3 Tangsel, Jetty Maynur, mengucapkan terima kasih atas dukungan Komite Madrasah dan Seksi Penmad dalam mewujudkan digitalisasi pembelajaran di MIN 3 Tangsel.

“Semoga semua guru dan staff TU terus semangat bekerjasama dalam mewujudkan inovasi pembelajaran di MIN 3 Tangsel,” ucapnya.

Advertisement

Pada kesempatan tersebut, Jetty juga menyampaikan apresiasi dengan memberikan hadiah penghargaan kepada 3 orang guru dan 3 tenaga kependidikan atas kinerja terbaiknya di MIN 3 Tangsel.

“Apresiasi ini sebagai penghargaan MIN 3 Tangsel atas kinerja guru dan staff TU di MIN 3 Tangsel,” ujarnya.

Perwakilan Kipin, Kris Sulisto, mengucapkan terima kasih atas respon positif dari MIN 3 Tangsel dan Kemenag Tangsel melalui seksi Penmad.

Dijelaskannya teknologi si Kipin merupakan suatu aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh team Pendidikan.id yang mampu mengelola ribuan buku pelajaran, komik pendidikan, video pendidikan dan paket tryout dalam satu menu, sehingga memudahkan pengguna untuk memanfaatkannya. Aplikasinya sendiri sudah dikembangkan sejak tahun 2009 dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk mendukung kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Advertisement

“Kehebatan si Kipin adalah program dan semua data sudah disimpan di dalamnya, sehingga tidak membutuhkan koneksi internet lagi. Kios ini bisa diletakkan di mana saja dengan ketersediaan cukup koneksi listrik. Bahkan di dalamnya sudah terdapat backup-power. Jika listrik tiba-tiba mati, si Kipin masih mampu bertahan digunakan hingga beberapa jam”, paparnya.

Para guru telah menginstall aplikasi Kipin, baik di Smartphone maupun di laptop, dan secara simbolik telah dimulai pemanfaatan Kipin di MIN 3 Tangsel.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh dewan guru dan staf TU MIN 3 Tangsel, dan berlangsung selama dua hari pada Kamis-Jumat (23-24/06/2022). (afm/fid)

Advertisement

Populer