Muhammad Iqbal Abdurrahman Alias Abu Jibril Meninggal Dunia

By: Rabu, 27 Januari 2021

Wakil Amir Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) Muhammad Iqbal Abdurrahman atau Abu Jibril meninggal dunia pada Selasa (25/1/2021) pukul 23.05 WIB di kediamannya di Jl WItanaharja, Pamulang Barat, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Abu Jibril dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Babakan, Setu, Rabu (26/1) selepas dzuhur.

Abu Jibril dikenal sebagai pentolan MMI, organisasi yang didirikan melalu Kongres Mujahidin I di Yogyakarta pada 2000. Dalam perkembangannya, beberapa kali kerap disandingkan dengan gerakan Islam radikal di Indonesia karena dakwahnya yang keras.

Pada tahun 2009, putra Abu Jibril yaitu Mohammad Jibril Abdul Rahman alias Muhammad Ricky Ardhan ditetapkan sebagai salah satu tersangka peledakan bom Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton. Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Muhammad Jibril dengan hukuman lima tahun penjara. Hakim memutuskan Jibril terbukti secara sah bersalah ikut membantu aksi terorisme

Nama Abu Jibril kembali menjadi sorotan ketika putranya yang lain, Ridwan Abdul Hayie tewas saat berperang di Suriah. Ridwan tewas saat perang bersama pasukan Jabhat Al Nusra. Jabhat al-Nusra adalah kelompok milisi dan cabang Al Qaeda yang bertempur di Suriah melawan Presiden Bashar Assad. Kelompok milisi ini dibentuk pada 23 Januari 2012 saat perang saudara Suriah. Pada tahun 2016 Jabhat Al-Nusra atau yang juga dikenal dengan Front Al-Nusra, mengumumkan berpisah dari Al-Qaeda. (red)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *