Connect with us

Nasional

Penampakan UFO di Bandung itu Balon

Fan Fan Dermawan, pengurus Beta UFO mendatangi lokasi kejadian perekam penampakan kumpulan benda aneh berwarna putih yang melayang di langit Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/07/2021)
Fan Fan Dermawan, pengurus Beta UFO mendatangi lokasi kejadian perekam penampakan kumpulan benda aneh berwarna putih yang melayang di langit Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/07/2021)

Dunia maya kembali dikejutkan dengan penampakan sekumpulan benda terbang aneh berwarna putih yang melayang di langit Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/07/2021). Beruntung ada saksi mata yang sempat merekam video tersebut meski hanya beberapa detik saja. Video tersebut viral ketika diunggah pertama kalo oleh akun Instagram Bandung Talk yang beralamatkan di @bandungtalk.

Dalam rekaman yang berdurasi sekitar 5 (lima) detik itu terdapat kurang dari 30 benda berwarna putih berbentuk bulat melayang dengan formasi yang cukup berdekatan satu sama lain. Fenomena itu sendiri terekam pada pukul 08.30 WIB dan disaksikan oleh seluruh pekerja proyek bangunan sebuah hotel yang berjumlah 6 (enam) orang.

Fenomena ini pun membuat Komunitas pengamat fenomena UFO dan Alien, Beta UFO, tertarik untuk melakukan investigasi secara langsung. Fan Fan Dermawan, pengurus Beta UFO di Bandung langsung mendatangi lokasi yang beralamatkan di kawasan Jl. Dr. Rum Bandung, sekitar Istana Plaza.

Advertisement

Kang Irman Kirwok, Satpam di proyek tersebut juga menuturkan tentang penampakan yang dianggap cukup ganjil kepada Fan Fan. Menurutnya, kumpulan benda putih tersebut terbang cukup tinggi namun masih berada di lapisan awan.

Di sisi lain, Irman, pria yang juga sebagai tangan pertama yang merekam fenomena ini juga memiliki video asli yang kami simpulkan setelah melakukan pengecekan tidak adanya format editing atapun manipulasi meski yang mereka memiliki smartphone.

Durasi rekaman hanya 5 (lima) detik itu dikarenakan tidak ada yang langsung inisiatif merekam video sejak menit pertama dan saksi merekamnnya sambil tergesa-gesa karena objek yang ditangkap sudah mulai menjauh dan saksi kesulitan untuk merekamnya sejak awal.

Hasil dari pengamatan dan pemantauan yang dilakukan Fan Fan mengungkapkan bahwa kemungkinan besar gerombolan benda tersebut adalah balon atau pasukan terjun payung. Hal tersebut lantaran lokasi penampakan tidak jauh dari Lanud Husein dan pangkalan AU Husein sekitar 2 (dua) atau 3 (tiga) km saja. Jadi asumsi bahwa ini adalah bagian aktivitas AU, masih memungkinkan.

Advertisement

“Kemungkinan benda tersebut adalah balon dari sebuah upacara atau perayaan yang dilepas ke udara. Terdengar masuk akal meski di periode PPKM apakah ada upacara yang melibatkan pelepasan puluhan balon?” ungkap Fan Fan dalam keterangan tertulisnya kepada kabartangsel.com.

BETA-UFO (singkatan dari Benda Terbang Aneh – Unidentified Flying Object) adalah komunitas kelompok pengamat UFO di Indonesia yang berdiri sejak tanggal 26 Oktober 1997. Kelompok ini berusaha mendata penampakan benda terbang aneh, khususnya di Indonesia.

Kegiatan BETA-UFO di antaranya pernah menerbitkan Majalah dan tulisan, selain itu  aktif melakukan berbagai investigasi ke tempat kejadian di mana dilaporkan ada penampakan piring terbang, melakukan diskusi, seminar, serta mengikuti pameran. (red)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer