Psst, Ini 6 Trik Jitu Cegah Sepatu Bau Saat Tak Pakai Kaus Kaki

By on Kamis, 14 Februari 2019

Saat tak memakai kaus kaki, aroma tak sedap dari sepatu kerap muncul lebih dari biasanya. Kondisi ini disebabkan karena keringat yang langsung menempel ke sepatu dan tidak terserap dengan baik. Akibatnya, bagian dalam sepatu menjadi lembap, tumbuh bakteri, hingga menimbulkan bau tak sedap. Tentu saja hal ini bisa bikin Anda tidak percaya diri. Namun, jangan keburu cemas dulu, begini cara mencegah sepatu bau terutama saat tak pakai kaus kaki.

Tips mencegah sepatu bau saat tak pakai kaus kaki

1. Menjaga kaki agar tetap kering

Menurut ahli podiatris Joy Rowland, DPM., bau tak sedap di kaki biasanya terjadi karena area sepatu yang lembap. Oleh karena itu, cara mudah untuk menghindari bau ialah dengan menjaga kaki dan sepatu tetap kering apalagi saat tak pakai kaus kaki.

Usahakan untuk sering-sering membuka sepatu dan membiarkan kaki terkena angin. Hal ini dilakukan agar kaki tetap kering sehingga mencegah bau kaki dan sepatu.

Selain itu, jika Anda termasuk orang yang tak betah memakai kaus kaki, pilihlah sepatu dari bahan alami seperti katun atau kulit yang memungkinkan kelembapan di kaki menguap, tidak terperangkap.

2. Rutin membersihkan kaki

perawatan kaki

Kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang kerap dibersihkan secara asal saat mandi. Padahal, menjaga kebersihan kaki menjadi kunci untuk mencegah sepatu bau. Merendam kaki bisa menjadi alternatif cara untuk Anda yang terkadang lupa membersihkan kaki secara menyeluruh saat mandi.

Anda bisa merendam kaki dengan garam Epsom dalam baskom berisi air hangat, dengan begitu bakteri pun enggan menempel pada kaki. Cobalah untuk merendam kaki Anda selama 10 hingga 20 menit sebanyak dua kali dalam seminggu.

Selain garam Epsom, Anda juga bisa merendam kaki dengan larutan cuka apel atau putih.  Supaya bebas dari bakteri, Anda hanya perlu mencampurkan air hangat dengan 2 tetes cuka dan mendiamkannya selama 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini seminggu sekali. Namun hati-hati, jangan merendam kaki Anda dalam cuka jika memiliki luka terbuka atau lecet karena justru bisa mengiritasi kulit.

Akan tetapi, jika Anda merasa merendam kaki cukup merepotkan, jangan malas untuk membersihkan kaki hingga ke sela-selanya saat mandi. Kemudian, pastikan kaki dikeringkan dengan baik baik setelah dibersihkan.

3. Keringkan sepatu sebelum dipakai

tips memilih sepatu futsal

Jangan pernah memakai sepatu basah jika tidak mau ada aroma tak sedap yang muncul. Sempatkan diri untuk melepas sepatu dan mengeringkannya di bawah sinar matahari atau angin. Saat sepatu sudah terlalu lembap, coba masukkan kertas atau tisu makan untuk membuatnya lebih cepat kering.

4. Gunakan antiperspiran atau bedak

bahaya bedak bayi

Jika kaki berkeringat dan Anda sedang tak memakai kaus kaki, coba gunakan antiperspirant. Antiperspirant adalah larutan yang membentuk gel yang bisa membantu mengurangi jumlah keringat yang diproduksi. Antiperspirant yang mengandung alkohol membantu membuat kaki kering dengan lebih cepat dan memberikan sensasi menyegarkan.

Selain antiperspirant, Anda juga bisa menggunakan bedak untuk menyerap kelembapan kaki. Bedak kaki juga biasanya memiliki aroma yang bisa menutupi bau. Coba taburi bubuk bedak kaki di sepatu sebelum dan sesudah memakainya. Hal ini bertujuan untuk membuat sepatu tetap kering dan menghambat pertumbuhan bakteri.

5. Jangan gunakan sepatu yang sama

pakai sepatu penyebab kaki sakit

Untuk mencegah sepatu bau karena tak pakai kaus kaki, sebaiknya jangan gunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut. Berikan sepatu Anda waktu untuk mengering dengan sempurna di sela-sela pemakaian. Ingat, sepatu yang lembap pasti menimbulkan bau. Untuk itu, berikan sepatu setidaknya satu hari sebelum digunakan kembali.

6. Menaruh baking soda di dalam sepatu

natrium bikarbonat

Selain membuat kue mengembang dengan sempurna, baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau sepatu. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan baking soda ke dalam kertas saring. Kemudian, rekatkan dengan selotip, staples, atau karet gelang. Kemudian, taruh saringan ini di dalam sepatu dan biarkan semalaman.

Kabartangsel.com

Source