PT Indah Kiat Pulp and Paper Wakafkan 1000 Mushaf Alqur’an

By: Senin, 30 Juni 2014

Tangerang Selatan (Tangsel) patut berbangga. Pasalnya, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri kertas berhasil menjadi penyuplai Al quran di sejumlah wilayah kawasan Timur Tengah

Akhir pekan kemarin, masyarakat memiliki kesempatan untuk mengetahui, memegang dan membaca Alquran hasil produksi PT Indah Kiat Pulp and Paper. Maklum hari itu, perseroan melakukan kegiatan sosial berupa wakaf Al quran hasil produksi sendiri. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 1000 mushaf Alquran diwakafkan kepada pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Serpong Utara. Penyebaran wakaf Al quran ini, secara simbolis diberikan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany kepada masyarakat di Aula Kecamatan Serpong Utara, akhir pekan kemarin. Selain itu, ada juga wakaf Al quran Braille bagi penderita tuna netra.

“Al quran Braille sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi tuna netra. Kami mengapresiasi pewakafan Alquran oleh PT IKPP ini,” kata Walikota. Airin menambahkan, di Tangsel terdapat pondok pesantren khusus bagi penderita tuna netra. Dalam waktu dekat, Airin bakal mengajak PT IKPP ke pondok pesantren tersebut untuk memberikan bantuan Al quran Braille. “Ini bagus, artinya perusahaan peduli terhadap masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan,” kata dia. Camat Serpong Utara Andi Patabay menambahkan Al quran yang diwakafkan ini merupakan hasil produksi oleh PT IKPP. “Kita harus bangga karena Al quran yang diproduksi di Serpong Utara sudah mendunia, bahkan hingga Turki,” kata dia.

Andi menambahkan, pembagian Al quran bagi pengurus DKM, MUI se-Kecamatan Serpong Utara dan masyarakat ini diharapkan dapat mempertebal keimanan. Terlebih, penyebarannya dilakukan menjelang bulan suci Ramadan. “Kami juga berterima kasih kepada PT IKPP yang terus berusaha bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah. Ini wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan,” tandasnya. Sementara itu, Direktur PT IKPP Suhendar mengaku pembagian mushaf Al quran sudah dilakukan sejak enam tahun silam. Hingga 2013 lalu, total sudah ada 100 ribu mushaf Al quran yang disebar kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

“Ada 1.000 mushaf Al quran yang dibagikan di Serpong Utara. Target kami untuk tahun ini 100 ribu mushaf Al quran yang diwakafkan kepada masyarakat di seluruh Indonesia,” kata dia. Menurutnya, wakaf Al quran tersebut sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Selain itu, sebagai wujud perusahaan dalam memperkokoh keseimbangan antara aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. “Al Quran yang diwakafkan menggunakan kertas QPP dengan merek Sinartech berkualitas tinggi, bersertifikat halal dari MUI serta telah diekspor ke berbagai negara. 90 persen produksi kertas ini diserap pasar internasional terutama negara-negara Timur Tengah antara lain Mesir, Turki, Suriah, Lebanon, pusat percetakan Al-Quran bagi seluruh dunia,” tandasnya. (br/kt)