Connect with us

Kampus

Rektor UIN Jakarta Minta Arab Saudi Bantu Pengembangan Kampus

Rektor Amany Lubis saat bersilaturahmi dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi, di Kantor Kedubes Arab Saudi di Jakarta, Selasa (29/6/2021).

Sebagai negara sahabat, Arab Saudi memiliki peran penting bagi Indonesia, termasuk dalam pembangunan dan pengembagan lembaga-lembaga pendidikan Islam. Karena itu pula UIN Jakarta, sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam terkemuka di mancanegara, berharap banyak memperoleh bantuan dari negara kaya minyak tersebut.

Usulan bantuan bagi UIN Jakarta disampaikan Rektor Amany Lubis saat bersilaturahmi dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi, di Kantor Kedubes Arab Saudi di Jakarta, Selasa (29/6/2021). Dalam kunjungan tersebut Rektor Amany Lubis didampingi Wakil Rektor Bidang Pengembangan Lembaga dan Kerja Sama Lily Surayya Eka Putri dan dosen Fakultas Adab dan Humaniora Ali Bahar.

Alhamdulillah, kami dapat bersilaturrahmi dengan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia di Jakarta, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi. Dalam kunjungan tersebut kami menyampaikan banyak hal, di antaranya soal permohonan bantuan bagi pengembangan kampus UIN Jakarta serta kerja sama dalam kegiatan di bidang akademik,” kata Rektor Amany Lubis dikutip dari laman uinjkt.ac.id.

Menurut Rektor, UIN Jakarta pada prinsipnya memohon agar Arab Saudi dapat memberikan dukungan terhadap program peningkatan sumber daya manusia melalui lembaga pendidikan Islam. Selain itu Arab Saudi juga diharapkan dapat terus berkontribusi bagi kemajuan umat Islam di Indonesia.

Advertisement

Rektor menyebut ada beberapa poin penting yang menjadi agenda pembahasan selama pertemuannya dengan Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi. Di antaranya penerimaan UIN Jakarta dalam agenda muktamar dan seminar di berbagai universitas di Saudi Arabia, mengikuti penghargaan internasional King Faishal untuk sivitas akademika UIN Jakarta, beasiswa untuk mahasiswa UIN Jakarta di Arab Saudi maupun beasiswa finansial di UIN Jakarta, permohonan bantuan dana bagi pembangunan masjid di gedung Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bojongsari, Kota Depok, bantuan dana pembangunan asrama mahasiswa, dan bantuan dana bagi pembangunan gedung Fakultas Dirasat Islamiyah.

“Agenda lain yang dibicarakan adalah masalah pertukaran dosen dan mahasiswa UIN Jakarta dengan dosen-dosen di universitas di Arab Saudi,” ujarnya.

Namun, menurut Rektor, pembicaraan yang juga tak kalah penting dengan Dubes Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi adalah mengenai dukungan pelaksanaan “Green Campus”, khususnya bantuan dana dalam pengembangan energi tenaga surya dan riset-riset di bidang energi terbarukan.

Menyikapi berbagai usulan tersebut, Dubes Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi merespon cukup baik. Ia berjanji akan menyampaikan dan membicarakan usulan-usulan tersebut ke kementerian dan lembaga terkait di Arab Saudi, termasuk dengan sejumlah pimpinan universitas.

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer