Saat Sakit Pinggang, 4 Trik Ini Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak!

By on Selasa, 15 Januari 2019

Sakit pinggang memang menyiksa. Apalagi gejalanya yang kerap memburuk di malam hari membuat Anda sulit untuk tidur. Jangan putus asa, Anda tetap bisa istirahat dengan nyaman saat sakit pinggang. Berikut tipsnya.

Tips tidur nyenyak saat sakit pinggang

Sakit pinggang atau sering juga disebut sakit punggung bawah adalah rasa nyeri yang sangat menusuk persis di atas bokong. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tekanan akibat postur tubuh yang buruk, sedang haid, dan berbagai kebiasaan buruk yang berkaitan dengan gaya hidup. Agar bisa tetap beristirahat saat sakit pinggang, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut, seperti:

1. Atur posisi tidur

Sumber: MedyLife

Bagi orang sehat, tidur dalam berbagai posisi tak akan jadi masalah. Namun, beda ceritanya pada orang yang merasakan rasa sakit pada pinggangnya, terutama di bagian belakang. Salah satu cara ampuh untuk meredakan rasa sakit ini dengan memastikan bahwa tekanan yang diberikan pada tubuh bagian belakang merata.

Untuk itu, Anda perlu menjaga lekukan alami tulang belakang ketika berbaring di kasur. Pastikan bahwa kepala, bahu, pinggul, hingga bokong berada dalam posisi sejajar. Biasanya, telentang menjadi posisi tidur paling cocok untuk Anda yang mengalami sakit pinggang.

Berikut beberapa posisi tidur yang bisa Anda coba saat sakit pinggang, yaitu:

  • Posisi telentang dengan bantal untuk mengganjal lutut.
  • Posisi telentang dengan posisi menyandar dan berbaring.
  • Posisi menyamping dengan bantal atau guling di antara kedua lutut.
  • Posisi meringkuk seperti janin.

Carilah posisi yang paling nyaman untuk Anda. Namun, jika terbiasa tidur tengkurap, Anda bisa menaruh bantal tipis di bawah perut dan pinggul agar tulang belakang tetap dalam posisi sejajar.

2. Memilih bantal yang tepat

jemur bantal guling buat apa

Bantal membantu menjaga postur alami leher dan membantu menopang tulang belakang. Untuk itu, Anda perlu memilih bantal yang tepat dan nyaman untuk tidur. Jangan menggunakan bantal yang terlalu tinggi atau keras karena bisa membuat leher dan pinggang terasa semakin sakit.

Saat Anda lebih nyaman tidur telentang, sebaiknya gunakan bantal yang tipis. Pasalnya, mengangkat kepala terlalu banyak bisa membuat leher dan punggung tegang. Namun, jika Anda lebih nyaman tidur dengan posisi miring gunakan bantal yang lebih tebal.

Letakkan bantal di bawah kepala dan leher, bukan di bahu. Selain itu, Anda juga perlu mengganti bantal setiap 12 hingga 18 bulan sekali agar tetap bisa memberikan topangan yang maksimal.

3. Memilih kasur yang tepat dan rutin menggantinya

bahaya membereskan tempat tidur

Meski terkesan sepele, kasur berperan penting untuk menentukan kenyamanan saat tidur. Dikutip dari Healthline, dokter biasanya akan merekomendasikan kasur ortopedi untuk orang-orang yang mengalami sakit pinggang belakang atau punggung bawah. Terutama jika Anda memiliki sakit punggung bawah yang berkepanjangan.

Anda juga bisa memilih kasur yang dibuat dengan busa berkualitas baik. Usahakan untuk tidak menggunakan kasur yang terlalu empuk hingga membuat Anda tenggelam terlalu dalam. Hal ini justru bisa membuat sendi dan tulang belakang menjadi tidak sejajar dan memperparah rasa sakit.

Setelah menemukan kasur yang tepat, Anda juga disarankan untuk menggantinya setiap 10 tahun sekali. Pasalnya, kasur yang sudah terlalu lama akan mengalami kerusakan di bagian per. Akibatnya, kasur tak lagi bisa menopang tubuh dengan sejajar saat tidur.

4. Menerapkan kebiasaan tidur yang tepat

tidur terlalu cepat

Dikarenakan nyeri punggung bisa mengganggu tidur, Anda tidak disarankan untuk begadang. Sebaliknya, usahakan untuk membuat jadwal tidur yang konsisten setiap malamnya. Misalnya Anda sering susah tidur; maka berbaringlah lebih awal dari biasanya.

Dengan begitu, Anda memiliki waktu ekstra untuk terlelap dan tetap bisa mendapatkan jam tidur yang cukup tanpa perlu begadang.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari berbagai kebiasaan seperti:

  • Minum kafein di malam atau sore hari.
  • Olahraga di jam menjelang tidur.
  • Memainkan gawai (gadget) sambil menunggu terlelap.

Justru yang perlu dilakukan yaitu bersantai dengan membaca buku, mandi air hangat, mendengarkan musik, atau melakukan peregangan lembut. Anda bisa menciptakan suasana santai dengan meredupkan lampu kamar tanpa menyalakan gawai.

Kabartangsel.com

Source