Sebarkan Hoaks dan Ujaran Kebencian, Oknum Pilot Ditangkap Polisi

By on Senin, 20 Mei 2019

Seorang pilot salah satu maskapai penerbangan diduga menyebarkan ujaran kebencian di media sosial. Oknum pilot yang diketahui berinisial IR itu ditangkap oleh Polres Jakarta Barat pada Sabtu (18/5).

“Ditangkapnya di Surabaya, Sabtu kemarin. Sempat ditangani di Polrestabes Surabaya dan akhirnya dibawa ke Jakarta. Sampai sekarang masih kami proses untuk pemeriksaan,” ungkap Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi kemedia, Senin (20/5).

Penangkapan tersebut terjadi saat Polres Jakarta Barat melakukan patrol cyber. Dan dari situlah Polres Jakbar menemukan beberapa ujaran kebencian yang ada di facebook dan diduga disebarkan oleh pria tersebut.

Di akun facebook IR juga terdapat tulisan yang mengandung hasutan serta ajakan melakukan perlawanan pada aksi yang ingin dilakukan di 22Mei. Bahkan di fb nya IR menyebarkan konten hoax. Yang mengejutkan, ia menuliskan kalimat provokasi berbunyi ‘Polri siap tembak di tempat perusuh NKRI’.

“Kita terus dalami apa yang ada di dalam medsosnya. Kita selidiki motif dari pelaku menyebarkan konten hoax dan juga kebencian. Dan kita punya tim patroli cyber, ITE siapa yang lihat pertama kali kita bisa ditangkap di mana saja. Ini untuk UU ITE kita tangani dan sedang didalami oleh Densus,” tegas Hengki.

“Kami himbau agar masyarakat pengguna facebook agar hati-hati dalam menyebarkan informasi sesat, hoax dan juga ujaran kebencian. Itu sudah ada diatur dalam Undang-Undang,” saran Hengki. (pmj).