Seleksi Penyuluh Agama Islam non PNS di Lingkungan Kemenag Tangsel Tahun 2019

By: Selasa, 10 Desember 2019
Seleksi Penyuluh Agama Islam non PNS di Lingkungan Kemenag Tangsel Tahun 2019

KENCANA LOKA (Kabartangsel.com) – Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan lewat Seksi Bimasnya mengadakan Seleksi Penyuluh Agama Islam non-PNS pada Ahad (08/12/2019) yang dilaksanakan di aula Kantor Kemenag Tangsel yang diikuti oleh 78 peserta.

Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, saat membuka acara berharap dari hasil seleksi ini akan menghasilkan penyuluh yang professional, karena profesionalitas sangat diperlukan pada Penyuluh Agama Islam.

“Penyuluh yang dibutuhkan saat ini adalah penyuluh yang dalam penyampainya adem dan menyejukkan, tidak memprovokasi masyarakat. Maka, diharapkan dengan proses seleksi ini akan terpilih orang-orang yang berkualitas, dan hasilnya pun terbaik”, ungkapnya.

Kepala Kantor menambahkan seleksi Penyuluh Agama Islam non PNS ini adalah program Kemenag RI yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Seleksi ini dilakukan dalam rangka mendapatkan Penyuluh yang berkualitas dan memiliki kompetensi dan berintegritas,” tegasnya.

Kegiatan Seleksi Penyuluh Agama Islam non PNS Kemenag Tangsel yang diikuti 78 orang peserta harus menjawab materi tes yang meliputi test Pengetahuan Agama Islam dan soal-soal Kebangsaan sebanyak 100 soal. Selain itu juga dilakukan test wawancara.

Dari 78 orang peserta yang mengikuti test akan diambil sejumlah kuota untuk Penyuluh Agama Islam Kemenag Tangsel sebanyak 58 orang yang akan ditempatkan di masing-masing KUA pada setiap kecamatan.

“Orang-orang yang terpilih nanti diharapkan memenuhi 6 bidang yang dibutuhkan, yaitu Buta Aksara Al-Qur’an, Kerukunan Antar Umat Beragama, Zakat, Wakaf, Perkawinan, dan Penyuluhan tentang narkoba dan produk halal, disamping menjalankan fungsi sebagai pembimbing ibadah, dan pelaku dakwah di tengah masyarakat”, terang Kepala Kantor.

Turut hadir pada acara tersebut, Kabid Penais Zawa Kanwil Kemenag Banten yang diwakili oleh Hilmy, Kasi Bimas Islam Kemenag Tangsel, Nurdin Asmadi, Ketua Pokjaluh, Sanusi, Sekretaris Pokjaluh, San Ridwan Maulana, dan para penyuluh PNS Kemenag Tangsel. (Fid/Sumber: Kemenag Tangsel)