Connect with us

Nasional

Tito Karnavian Resmi Jadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme

Presiden Joko Widodo telah melantik Irjen Tito Karnavian sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggantikan Komjen Saud Usman Nasution.

Upacara pelantikan digelar di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Rabu 16 Maret, pukul 10.00 WIB. Pelantikan dihadiri menteri kabinet kerja, pimpinan lembaga negara dan perwakilan duta besar.

Tito diangkat sebagai Kepala BNPT berdasarkan Keppres No.38/TPA/2016. Keprpres itu berisi menetapkan pemberhatian dan pengangkatan. Memberhentikan dari dan dalam jabatan pimpinan tertinggi pemberantasan terorisme Saud Usman dan mengangkat Tito sebagai Kepala BNPT.

Advertisement

Di dalamnya disebutkan, Tito diberikan fasilitas atau hak keuangan setingkat menteri. Tito yang sebelumnya berpangkat Inspektur Jenderal polisi atau bintang dua, bakal menjadi Komisaris Jenderal Polisi atau bintang tiga. Seusai mengucapkan sumpah jabatan, Tito kemudian menandatangani berita acara.

Pergantian Tito sebelumnya tertuang dalam Surat Telegram yang dikeluarkan oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Dalam surat nomor ST/604/III/2016 disebutkan Tito bakal menggantikan Komjen Saud Usman Nasution yang akan pensiun sebagai Kepala BNPT.

Posisi Tito bakal digantikan oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Moechgiyarto sedang pengganti Moechgiyarto diisi Irjen Jodie Rooseto.

Tito, pria kelahiran Palembang 26 Oktober 1964 tak asing dengan kegiatan penanggulangan terorisme. Jenderal bintang dua itu pernah menjadi Kepala Detasemen Khusus 88 pada November 2009 hingga Oktober 2010.

Advertisement

Usai mengemban tugas sebagai Kadensus, Tito diangkat jadi Kapolda Papua selama kurang lebih dua tahun. Dari sana, Tito kemudian diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya. Tito tercatat mengemban tugas sebagai Kapolda Metro Jaya kurang dari setahun sejak Juni 2015 hingga Maret 2016.

Lulusan Akpol terbaik angkatan 1987 itu juga pernah ikut bergabung dengan tim yang berhasil membongkar jaringan teroris pimpinan Noordin M Top. (mtv)

Foto: Inspektur Jenderal (Irjen Pol) Tito Karnavian usai penandatanganan naskah berita acara serah terima hibah dan naskah pernjanjian hibah daerah (NPHD) di Balaikota Tangsel bersama Airin Rachmi Diany, Selasa (23/2/2016).

Advertisement

Populer