Connect with us

Kampus

Universitas Terbuka dan Garuda Indonesia Jalin Kerja Sama

The Airline of Indonesia, Menjangkau yang Tidak Terjangkau”. Itulah slogan Garuda Indonesia dan Universitas Terbuka yang menjalin kerja sama pada Jumat, 24 Juni 2022.

Dinamika bidang pendidikan di Indonesia berkembang dengan pesat dan cepat setiap harinya. Universitas Terbuka (UT) selalu berusaha untuk memberikan pelayanan, produk, dan sistem terbaik untuk seluruh pemangku kepentingan dalam segala prosesnya sebagai Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ). Komitmen UT tidaklah mengenal batas dalam meningkatkan  penjaminan mutu dan kualitas layanannya untuk menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

UT berupaya untuk menjalin kerja sama di segala bidang dengan berbagai pihak, baik yang berhubungan langsung secara substantif di bidang akademik, maupun pihak yang dapat menunjang penyelenggaraan PJJ oleh UT. Kali ini, UT menjalin kerja sama dengan PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk. sebagai langkah untuk memperluas jaringan hubungan baiknya dengan mitra-mitra yang selalu senantiasa menunjang proses bisnis UT.

Realisasi dari bentuk kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara UT dan PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk. yang dilaksanakan di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Kantor Pusat UT, Pondok Cabe. Nota Kesepahaman antara UT dan PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk. ini dilakukan oleh Rektor UT Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., bersama dengan Direktur PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk. Ir. Irfan Setiaputra.

Advertisement

Garuda Indonesia (Persero), Tbk. merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang transportasi udara. Sebagai salah satu maskapai terbaik di Indonesia, tentunya langkah UT untuk menjalin hubungan kerja sama dengan Garuda Indonesia dinilai akan dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi kedua pihak khususnya UT. Yaitu dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi para staf UT dalam melakukan perjalanan. Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi: kerja sama penyediaan layanan tiket untuk penerbangan melalui Corporate Account; kerja sama layanan cargo, charter, ancillary dan Garuda Indonesia Group; kerja sama dalam bidang Marketing; serta kerja sama lainnya yang saling menguntungkan.

Rektor Universitas Terbuka dalam sambutannya menyampaikan bahwa UT merupakan perguruan tinggi terbesar di Indonesia dalam jumlah mahasiswanya. Kini, UT aktif melayani sebanyak 350.000 mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia dan luar negeri. Selain itu, alumni UT pun telah mencapai  lebih dari 1.900.000 mahasiswa yang tersebar di seluruh Nusantara dan luar negeri.

Universitas Terbuka dengan 39 kantor UPBJJ (Unit Program Belajar Jarak Jauh) dan 1 Unit Layanan Luar negeri menjadikan mobilitas UT sangat tinggi, termasuk perjalanan dinas, baik dari kantor pusat ke daerah, maupun dari daerah ke kantor pusat. Terhitung ada 400.000 perjalanan dinas yang tercatat oleh kantor pusat UT. Selain itu, kerja sama layanan cargo akan sangat menunjang UT sebagai PTJJ untuk mengirimkan produk akademik ke seluruh Nusantara dan internasional. Maka dari itu, kerja sama antara UT dan Garuda merupakan kerja sama yang strategis untuk menguntungkan kedua belah pihak.

Rangkaian acara dilanjutkan oleh sambutan dari Direktur PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk. Ir. Irfan Setiaputra. Beliau menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan UT kepada Garuda Indonesia atas terselenggaranya Penandatanganan Nota Kesepahaman ini. Dari kerja sama ini, Garuda Indonesia turut menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Hal ini mengingat UT yang telah diberikan kepercayaan untuk merealisasikan Sila ke-5 Pancasila khususnya dalam mewujudkan keadilan sosial di bidang pendidikan, serta Pasal 31 Ayat 1 UUD 1945 mengenai hak warga negara untuk memperoleh pendidikan.

Advertisement

UT selalu berupaya untuk menjangkau yang tidak terjangkau, karenanya, melakukan hubungan dengan perusahaan transportasi ternama seperti Garuda Indonesia dianggap sebagai langkah strategis yang perlu dilakukan oleh UT. Kerja sama strategis ini sebagai salah satu penunjang kegiatan operasional UT dalam menjalankan proses bisnis yang efektif, efisien, dan berkualitas sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh. (ut/red)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer