Connect with us

Kampus

UT Terima Kunjungan Kerja POLBAN

Universitas Terbuka (UT) yang sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Pengelola Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) sejak tanggal 15 Agustus 2011 dan saat ini sedang bertranformasi menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Pada kali ini menerima kunjungan kerja kedua Politeknik Bandung (POLBAN) ke Universitas Terbuka (UT) di Triwulan IV  tahun 2022 mengenai pengelolaan barang dan jasa pada Badan Layanan Umum (BLU).

Bertempat di Gedung Wisma 2 Lt. dasar Universitas Terbuka Pondok Cabe pada Senin 10 Oktober 2022. Kunjungan dihadiri oleh Rahmat Budiman M.Hum., Ph.D. Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E.,M.Si. Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Adrian Sutawijaya, S.E., M.Si. Kepala Unit Pengadaan Barang dan Jasa, Antares Firman, S.E., M.Prof.Acc. Penanggung Jawab Bidang Kelembagaan, Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pengadaan Barang dan Jasa pada UPBJ UT, Drs. Benny Barnas, M.B.A. Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan POLBAN, Budi Mazmul Hasan, S.T. PPK Anggaran RM Non Konstruksi, Gadistia Larasati, S.E Bendahara Pengeluaran Pembantu beserta pejabat dan staff di kedua perguruan tinggi.

 

Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Rahmat beliau menyampaikan rasa senangnya menerima kunjungan kerja POLBAN yang kedua ini terkait dengan pengadaan barang dan jasa. Beliau mengatakan “UPBJ UT ini adalah salah satu maskot unit yang kinerjanya sangat baik, pelayanan yang diberikan oleh UPBJ ini sangat membantu sekali di Universitas Terbuka terutama pada pengadaan barang dan Jasa”.

Advertisement

Selanjutnya sambutan dari Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Politeknik Bandung, Drs. Benny Barnas, M.B.A. Beliau mengucapkan rasa terima kasih karena sudah menerima kunjungan kerja kedua ini ke Universitas Terbuka. Sambungnya, maksud dan tujuan kami disini untuk belajar meniti pengalaman dari UT, Karena POLBAN sudah bertranformasi menjadi BLU sejak 15 September 2022. Beliau mengatakan “BLU ini merupakan sesuatu yang baru bagi kami, dari pengalaman UT yang sudah menjadi BLU ini, kami harap bisa belajar dalam rangka menjalankan pengeluaran keuangan pada Badan Layanan Umum (BLU).” tuturnya.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si beliau menyampaikan UT sudah mengalami transformasi pengelolaan keuangan sejak tahun 2012 tepatnya sejak memasuki PK-BLU. Dalam menyelenggarakan pengadaan barang dan jasa harus memiliki peraturan dan sistem pengadaan yang jelas dengan kualitas yang baik serta harus memiliki SDM yang dapat mengoperasikan sistem dan menjalani peraturan tersebut.

Berikutnya, pemaparan materi dari Bapak Adrian Sutawijaya, S.E., M.Si. selaku kepala unit pengadaan barang dan jasa (UPBJ) terkait beberapa cara proses pengadaan, peraturan serta aplikasi yang mendukung dalam berjalannya pengadaan barang dan jasa di Universitas Terbuka. dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa unit pengadaan itu harus dibuat secara permanen bukan secara ad hoc.

Advertisement

Selanjutnya, pemaparan materi dari Bapak Antares Firman, S.E., M.Prof.Acc. mengenai procurement information system (ProMISe) sebagai digital ekosistem Universitas Terbuka serta Sistem Informasi Perencanaan Pelaksanaan Pertanggungjawaban Keuangan (SIPPP) yang dimaksudkan untuk sistem info tata kelola terintegrasi yang dapat mengintegrasikan seluruh proses bisnis di UT. setelah pemaparan selesai dilanjutkan dengan sesi diskusi yang berlangsung secara antusias. Acara diakhiri dengan foto bersama dan pertukaran cinderamata. (ut.ac.id)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer