Connect with us

Nasional

Wapres Ma’ruf Amin Yakini BSI International Expo Perkuat Jaringan dan Kolaborasi Antarpelaku Usaha Industri Halal di Indonesia dan Dunia

Kehadiran Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan salah satu wujud nyata komitmen pemerintah dalam menciptakan ekosistem syariah yang mampu menopang dan mengakselerasi pengembangan ekonomi syariah Indonesia ke depan. Selain melalui sistem perbankan syariah, program BSI lainnya seperti penyelenggaraan pameran pun menjadi aksi konkret dalam memperkuat ekosistem ini, khususnya dalam aspek memperkuat sinergi antar pelaku usaha syariah dan konsumen di tingkat nasional maupun internasional.

“Melalui acara ini, kita dapat memperkuat jaringan dan kolaborasi antara pelaku usaha di berbagai daerah sehingga dapat menjadi pendorong utama dalam peningkatan kualitas dan daya saing produk halal Indonesia,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada acara Pembukaan BSI International Expo 2024 di Jakarta Convention Center, Jl. Gatot Subroto Nomor 1, Jakarta, Kamis (20/06/2024).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, melalui keberhasilan BSI dalam menembus 10 besar bank syariah terbesar dunia dari sisi kapitalisasi pasar dan keberhasilan membuka cabang di Dubai, menandakan stakeholder BSI yang sangat luas. Oleh karena itu, penyelenggaraan ekspo internasional seperti pada hari ini diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin agar industri syariah Indonesia dapat semakin melebarkan sayapnya di mancanegara.

“Kegiatan ini seyogyanya dapat diselenggarakan secara konsisten setiap tahun, tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di kota-kota lain sehingga mendorong UMKM dan pelaku usaha industri halal lokal naik kelas dan mendunia,” pinta Wapres.

Advertisement

“Hari ini saya bangga, BSI menyelenggarakan ajang BSI International Expo untuk pertama kalinya. Sebuah agenda strategis utnuk mendemonstrasikan berbagai inovasi dan pengembangan di sektor industri halal nasional dan global,” tambahnya.

Menutup sambutannya Wapres berharap, agar ke depan BSI dapat semakin kreatif dan inovatif dalam berkontribusi memperkuat perekonomian nasional melalui bidang syariah.

“Saya berharap dengan upaya-upaya yang akan dilakukan, BSI dapat memberikan kontribusi yang semakin besar bagi perekonomian nasional, mendukung upaya menjadikan ekonomi dan keuangan syariah sebagai bagian akselerasi transformasi ekonomi, meningkatkan produktivitas, serta menjaga ketahanan dan stabilitas ekonomi Indonesia di masa mendatang,” pungkas Wapres.

Sebelumnya, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan bahwa BSI International Expo 2024 merupakan wujud nyata dukungan BSI terhadap pengembangan ekosistem syariah di Tanah Air, sekaligus memfasilitasi bagi UMKM untuk dapat terlibat aktif dan menjajaki pasar internasional. Ia pun menyampaikan komitmennya untuk terus menghadirkan program-program konkret ke depannya dalam memajukan ekosistem syariah di Indonesia.

Advertisement

“Insya Allah, BSI International Expo 2024 akan digelar setiap tahun dan menjadi ajang untuk mempertemukan pelaku bisnis (halal) dengan pembeli internasional melalui business matching yang diadakan khusus selama pameran berlangsung. BSI berkomitmen penuh untuk mendorong Indonesia membangun kapasitas dan kapabilitas, untuk menjadi pemain utama dan produsen dalam halal value chain global, agar menjadi pusat industri halal dunia,” tutup Kartika.

Hadir dalam acara ini, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 M. Jusuf Kalla, Wakil Grand Syaikh Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, para Duta Besar negara sahabat, jajaran Dewan Komisaris BSI, dan jajaran Dewan Pengawas Syariah BSI.

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer