Connect with us

Politik

‎Ada Gugatan ke MK, Penetapan Paslon Tangsel Terpilih‎ Mundur Jadi Februari 2016

“Tahapan jadi mundur karena adanya gugatan dari paslon (pasangan calon),” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel, Mohamad Subhan, Minggu (20/12/2015)

Adanya gugatan sengketa Pilkada Tangsel yang dilayangkan Ikhsan Modjo dan Arsid membuat agenda pentetapan calon walikota dan wakil walikota Tangsel 2015 berubah pasca digelarnya rapat pleno rekapitulasi perolehan suara pada Kamis kemarin. Dalam pleno tersebut, pasangan calon nomor urut 3 Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie sukses meraup sebanyak 305.322 suara dari tujuh wilayah kecamatan

“Tahapan jadi mundur karena adanya gugatan dari paslon (pasangan calon),” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel, Mohamad Subhan, Minggu (20/12/2015).

Ketentuan itu, lanjutnya, telah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 02 Tahun 2015 tentang Program, Tahapan dan Jadwal Pilkada. Ditambah lagi payung hukum di PKPU Nomor 11 Tahun 2015 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota‎.

Advertisement

Airin Rachmi Diany saat menggunakan Hak Suaranya pada 9 Desember 2015 di TPS 17 Pakulonan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama anaknya Tubagus Ghifari

Dijelaskan Subhan, pengumuman resmi penetapan pasangan calon yang dinyatakan sebagai pemenang sedianya akan digelar pada Senin-Selasa (21-22/12/2015) besok akhirnya dibatalkan.‎ Terkait adanya gugatan ke MK, Subhan menegaskan, institusinya menghormati sikap serta langkah politik yang ditempuh oleh kubu Arsid-Elvier maupun Ikhsan Modjo Li Claudia Chandra atas hasil Pilkada di Kota Tangsel.

‎”Kami hormati sikap paslon, paslon punya hak konstitusi tentang keberatan‎. Maka penetapan pasangan calon baru bisa pas (12/2/2016) mendatang,” tegasnya.

Ditanya perihal kapan waktu terakhir atau tahapan final penentuan keputusan hasil Pilkada serentak 9 Desember 2015 di Kota Tangsel. “Di akhir Februari 2016‎,” pungkasnya. (yw/fid)

Advertisement

Populer