Connect with us

Lifestyle

Manfaat dan Efek Samping Minyak Jarak untuk Pelembap Bibir

Manfaat minyak jarak atau castor oil sebagai bahan campuran untuk kosmetik memang sudah tidak diragukan lagi. Sabun merupakan salah satu contohnya. Namun, tidak hanya itu saja, beberapa juga memanfaatkan minyak jarak untuk pelembap bibir. Lantas, apa manfaat dan kemungkinan efek sampingnya?

Manfaat minyak jarak untuk pelembap bibir

Minyak jarak adalah ekstrak minyak dari biji tanaman jarak atau dikenal dengan nama ilmiah Ricinus communis L. Proses ekstraksi biji jarak yakni dengan cold pressing, yakni memisahkan minyak dari biji tanaman dengan pemanasan. Setelah terkumpul, minyak kemudian dimurnikan kembali menggunakan tenaga panas.

Minyak ini sering ditemukan pada banyak produk perawatan bibir, seperti lipstik atau lips balm. Ini karena minyak jarak mengandung asam risinoleat tak jenuh tunggal yang juga disebut dengan humektan.

Advertisement

Humektan dapat mempertahankan kelembapan kulit dengan mencegah penguapan air melalui lapisan kulit terluar. Potensi dari humektan pada minyak jarak inilah yang kemudian digunakan banyak orang untuk mengatasi masalah kulit dan bibir kering.

Salah satu studi  pada International Journal of Toxicology menyebutkan bahwa penggunaan penggunaan minyak jarak aman dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit manusia.

Efek samping minyak jarak untuk pelembap bibir

Meskipun sudah ada studi yang menguji keamanan minyak jarak pada kulit, risiko efek samping tetap ada. Seperti yang dilaporkan sebuah studi pada jurnal Contact Dermatitis.

Studi ini menemukan beberapa orang mengalami reaksi alergi setelah menggunakan deodoran yang mengandung minyak jarak. Walaupun jarang terjadi, orang dengan kulit sensitif atau memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti eksim, harus berhati-hati.

Advertisement

Efek samping yang mungkin terjadi setelah menggunakan minyak jarak untuk pelembap bibir atau kulit, yaitu kulit kemerahan dan gatal. Jika Anda menggaruk area kulit atau bibir yang gatal, pembengkakan dan luka terbuka bisa terjadi.

Membuat pelembap bibir dari minyak jarak

Selain membeli di toko, pelembap bibir yang mengandung minyak jarak juga bisa Anda buat sendiri di rumah. Namun, pertimbangkan lagi manfaat dan efek sampingnya. Caranya, lakukan tes uji sensitivitas minyak jarak pada kulit Anda.

Oleskan sedikit minyak jarak pada kulit tangan Anda. Setelah itu, tunggu dalam waktu 24 jam dan lihat bagaimana reaksinya di kulit Anda.

Jika kulit Anda mengalami iritasi, urungkan niat Anda memakai minyak jarak untuk pelembap bibir. Sebaliknya, jika Anda tidak mengalami reaksi apa pun di kulit, minyak jarak boleh Anda gunakan.

Advertisement

North Carolina State University menjelaskan bahan dan langkah-langkah pembuatan pelembap bibir dari minyak jarak berikut ini.

Peralatan dan bahan yang diperlukan

  • 1 sendok teh minyak jarak.
  • 1 sendok teh minyak kelapa.
  • 1 sendok teh cocoa butter.
  • 1/2 sendok makan lilin lebah.
  • 1/2 sendok teh minyak vitamin E.
  • Wadah tahan panas, panci untuk memasak air, dan garpu.

Proses pembuatan minyak jarak untuk pelembap bibir

  • Campurkan empat bahan pertama ke dalam wadah.
  • Siapkan panci dan isi air hingga memenuhi 1/4-nya. Tempatkan wadah yang berisi campuran bahan dan diamkan hingga bahan-bahan tersebut hancur.
  • Setelah melelah, gunakan garpu untuk mengaduk bahan tersebut hingga benar-benar cair dan rata.
  • Tambahkan minyak vitamin E dan aduk dengan cepat. Minyak ini berfungsi sebagai pengawet alami.
  • Selanjutnya, wadah campuran dan dinginkan. Pelembap bibir sudah bisa Anda gunakan.

Pastikan Anda memperhatikan kebersihan peralatan dan takaran bahan-bahan yang digunakan. Bila Anda punya masalah kulit, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu pada dokter.

Kabartangsel.com

Source

Advertisement


Populer