Cek Fakta: Foto Cheetah Sedang Mengajari Anaknya Cara Membunuh Hasil Buruan

By on Senin, 8 Juli 2019
[SALAH] "awalnya cheetah mengincar kedua anaknya"

Klarifikasi oleh fotografer: tidak ada anak Impala yang diincar, yang sesungguhnya terjadi adalah induk Cheetah sedang mengajari anaknya cara membunuh hasil buruan. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2LCsNKm, Page “Inspirasi harian” (facebook.com/inspirasiharianmu), sudah dibagikan 798 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Tahukah Anda kenapa Rusa yang di makan Segerombolan Cheetah nampak Tenang dengan menatap Tajam ?
.
Foto tersebut adalah hasil jepretan dari seorang fotografer asal Kanada.
.
Foto ini memenangkan award untuk kategori best foto dekade tahunan di Jepang.
.
Cerita di balik foto ini, yaitu: Rusa yang Anda lihat adalah seekor Rusa betina yang membiarkan dirinya mati dimakan cheetah.
.
Alasannya, karena awalnya cheetah mengincar kedua anaknya, si Induk yang tahu akan bahaya pada kedua anaknya berusaha menarik perhatian cheetah-cheetah itu sampai dia harus merelakan dirinya dimangsa, agar fokus cheetah tertuju padanya sehingga kedua anaknya bisa lolos.
.
Induk Rusa ini tak terlihat sedikit pun melawan, memberikan dirinya dimangsa sampai kedua anaknya luput dari bahaya. Induk Rusa hanya terlihat tenang sambil matanya terus mengawasi kedua anaknya yang terus berlari meninggalkannya.
.
Kasih Ibu sepanjang jalan, kasih anak sebatas galah, di dunia ini hanya Kasih Ibu yang Terbaik.
.
Bagaimana dengan manusia ? .”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • SUMBER membagikan foto hasil bidikan Alison Buttigieg ketika induk Cheetah sedang mengajari anaknya cara membunuh hasil buruan.
  • SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan konteks foto yang sesungguhnya, sehingga menimbulkan premis yang salah.

(2) Klarifikasi dari Alison Buttigieg, http://bit.ly/32cVtj7 Google Translate: “Meluruskan: foto ini menjadi viral selama beberapa hari terakhir dengan kisah isak palsu. Seolah-olah mencuri gambar saya tidak cukup, bahkan tersirat saya memiliki penyakit mental setelah saya mengambilnya (serius siapa yang muncul dengan fiksi ini?). Kisah sebenarnya sederhana: cheetah menangkap impala yang sakit-sakitan dan ibu cheetah sedang mengajar anak-anaknya yang masih kecil cara membunuhnya. Tidak ada ibu atau bayi yang dikorbankan yang terlibat. Kisah sebenarnya adalah bahwa media berita sekarang juga mencuri cerita saya dan menghasilkan uang darinya, dan ya, ada juga ratusan pesan yang saya terus dapatkan dengan melecehkan pelecehan, menanyakan tentang depresi saya (juga palsu!) Dan meminta saya untuk hadiah! (Lensa dan kamera tidak kurang!). Orang-orang mengambil waktu sejenak untuk mempelajari #fakenews dan berhenti memercayai semua yang Anda baca di Internet, bahkan jika aktor bollywood membagikannya. #rantover”

======

REFERENSI

(1) Fstoppers: “Sorotan karier fotografi saya telah berubah menjadi mimpi buruk. Foto dengan kisah palsu itu telah dibagikan ratusan ribu kali di berbagai media sosial. Sungguh dunia yang menjijikkan yang kita tinggali, penuh dengan orang-orang tolol yang bodoh yang menyebarkan #fakenews seperti orang gila.”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2YGDz6i. Tautan ke artikel dengan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2Xv4Mrc.


(2) Alison Buttigieg: “Harap dicatat: semua foto dilindungi hak cipta oleh Alison Buttigieg dan hanya dapat digunakan dengan lisensi. Tidak diperbolehkan mengunduh dan membagikannya. Tidak diperbolehkan mengubah gambar dengan cara apa pun termasuk memotong atau menghilangkan tanda air.

Saya menyaksikan pembunuhan Cheetah ini pada bulan September 2013 di Maasai Mara, Kenya. Narasha, ibu cheetah, sedang mengajar anak-anaknya cara membunuh mangsa. Namun mereka agak lambat dalam pengambilannya dan mereka bermain dengan mangsa Impala yang malang alih-alih membunuhnya. Narasha, ibu cheetah adalah orang yang meraih leher impala di semua foto. Anak-anak muda melatih beberapa keterampilan seperti menerkam dan tersandung yang mereka lakukan dengan benar, tetapi mereka tampaknya tidak bisa mendapatkan cara untuk mencekik impala secara efektif.

Apa yang tidak biasa dalam urutan foto ini adalah seberapa tenang impala itu sepanjang cobaannya. Mungkin syok dan lumpuh karena ketakutan. Sangat mengganggu bagaimana tampaknya berpose di beberapa foto, terutama di foto ke-6 seolah bertekad untuk tetap cantik dan bangga sampai akhir. Perlawanan di matanya sangat kontras dengan kurangnya minat untuk mempertahankan diri. Ini memungkinkan saya untuk mendapatkan foto-foto unik tentang pembunuhan yang tampaknya koreografi dalam anugerah mereka. Saya ingin penonton bersimpati dengan impala, dan pada saat yang sama menyaksikan dengan saya sifat mengganggu dari pembunuhan yang tidak biasa ini.

Pada akhirnya, setelah apa yang tampak seperti keabadian yang tak berkesudahan (tapi itu hanya beberapa menit), ibu cheetah mengeluarkan impala dari kesengsaraannya, dan kucing-kucing itu bisa menikmati makanan yang enak.”

Google Translate Chrome Ekstension, tautan ke artikel dengan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2S0d60U.


(3) http://bit.ly/32d9iOr, arsip cadangan SUMBER.

Copyright ©