Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Foto “Pesta Pernikahan Malah Berubah Jadi Duka, 15 Orang Tewas termasuk kedua pengantin Di Tempat meninggal”

[SALAH] Foto “Pesta Pernikahan Malah Berubah Jadi Duka, 15 Orang Tewas termasuk kedua pengantin Di Tempat meninggal” – TurnBackHoax.ID

TIDAK ADA korban jiwa dalam kejadian kebakaran yang terjadi di foto, yang merupakan kejadian kebakaran di tengah pesta pernikahan di gedung SPN Polda Kalimantan Selatan pada Minggu (10/11/2019).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Beredar artikel berjudul “Innalillahi Wa Inna Illaihi Rojiun Pesta Pernikahan Malah Berubah Jadi Duka, 15 Orang Tewas termasuk kedua pengantin Di Tempat meninggal.semoga husnul hotimah aminn” yang terbit di situs estetikaislam[dot]com pada 21 Maret 2022. Artikel ini memuat foto yang memperlihatkan sebuah mobil pemadam kebakaran di depan sebuah tenda.

Advertisement

Sumber: archive.ph/0PwYe (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang memperlihatkan sebuah mobil pemadam kebakaran di depan sebuah tenda yang diklaim sebagai foto pesta pernikahan yang berubah menjadi duka karena 15 orang tewas termasuk kedua pengantin merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran yang terjadi di foto, yang merupakan kejadian kebakaran di tengah pesta pernikahan di gedung SPN Polda Kalimantan Selatan pada Minggu (10/11/2019).

Foto yang identik, dimuat di artikel berjudul “Tragis, Pesta Pernikahan Bubar Setelah Gedung SPN Polda Kalsel Ludes Terbakar!” yang terbit di situs kanalkalimantan.com pada 10 November 2019.

Advertisement

Dilansir dari artikel ini, saat sedang berlangsungnya acara pernikahan, tiba-tiba seluruh tamu undangan dikejutkan dengan munculnya asap di plafon gedung pernikahan milik SPN Polda Kalsel. Alhasil, pesta pernikahan terpaksa dihentikan saat itu. Sekitar pukul 12.40 Wita, petugas pemadam kebakaran mulai berdatangan. Personil TNI Polri juga turut membantu pemadaman api didalam gedung.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.17 Wita. Namun bangunan aula SPN Polda Kalsel yang disewakan untuk fasilitas pernikahan tersebut, ludes dilahap api. Selain itu, TK Kemala Bhayangkari 02 yang bersebelahan dengan bangunan aula tersebut juga ikut terbakar. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Di sisi lain, pengantin pria dan wanita dalam hal ini belum mau buka suara terkait kekacauan di pesta pernikahan mereka. Mereka juga tidak ingin identitas mereka di ekspos.

Kabid Humas Kombes M Rifai, mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran di satuan institusi pendidikan kepolisian milik Polda Kalsel tersebut. Namun, untuk dugaan sementara, api muncul karena adanya korsleting listrik.

Advertisement

REFERENSI
https://www.kanalkalimantan.com/tragis-pesta-pernikahan-bubar-setelah-gedung-spn-polda-kalsel-ludes-terbakar/

Copyright ©

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer