Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Ustadz Abdul Somad (UAS) Meninggal Dunia

Published

on

[SALAH] Ustadz Abdul Somad (UAS) Meninggal Dunia

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya informasi yang disampaikan dalam video tersebut memuat informasi yang berbeda dengan narasi yang tertera pada thumbnail video.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Advertisement

Kategori: Koneksi yang Salah

===

Sumber: Youtube
https://archive.ph/IMrJq

Narasi:
“INNALILLAH. SEMOGA KHUSNUL KHOTIMAH. TANGIS KELUARGA TAK TERBENDUNG”

Advertisement

Penjelasan:
Terdapat sebuah video berdurasi 10 menit 5 detik yang diunggah oleh channel Youtube bernama pena istana mengenai kondisi Ustadz Abdul Somad (UAS) yang diindikasikan telah meninggal dunia.

Namun setelah video tersebut diputar, informasi yang disampaikan ialah tentang pengalaman UAS ketika ia mengalami kondisi seperti ciri-ciri terjangkit Covid-19. Dalam sebuah kajian musyawarah UAS menyatakan bahwa setelah ia kembali dari luar kota, ia merasakan kondisi badan yang tidak enak. Ia merasa bahwa kondisinya saat itu seperti tulang dalam tubuhnya seolah ingin putus, lalu kepalanya seperti ditusuk dengan jarum dan kaca tajam, selain itu ia juga tidak bisa mencium bau, bahkan bau durian pun ia tidak bisa menciumnya.

Selain itu informasi lain yang disampaikan dalam video tersebut ialah mengenai berbagai kritik dari beberapa pihak terkait materi ceramah yang disampaikan oleh UAS terkait Covid-19 yang dianggap telah meresahkan dan membuat sebuah penurunan legitimasi masyarakat kepada pemerintah atas kebenaran adanya Virus Covid-19. Sehingga dalam video tersebut tidak memuat satu informasi apapun mengenai kondisi UAS yang telah meninggal dunia, bahkan tidak pula menayangkan tentang kondisi keluarga UAS yang tak dapat membendung tangis sebagaimana narasi yang tertera pada thumbnail video.

Melansir dari medcom.id, informasi mengenai UAS meninggal dunia juga telah beredar di platform media sosial Facebook pada beberapa waktu lalu, namun melansir dari medcom.id dan merdeka.com, informasi tersebut ialah informasi salah atau hoax, karena faktanya pada tanggal 13 Juli 2021, UAS mengunggah video klarifikasi pada akun Instagram resminya dengan menyatakan bahwa kondisinya saat ini masih dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.

Advertisement

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait meninggalnya Ustadz Abdul Somad ialah informasi yang salah atau masuk ke dalam kategori koneksi yang salah.

Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/VNnoD21b-cek-fakta-ustaz-abdul-somad-meninggal-hoaks-ini-faktanya
https://www.google.com/amp/s/m.merdeka.com/amp/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-ustaz-abdul-somad-meninggal-dunia.html

Copyright ©

Advertisement

Populer