Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Video “AKU BUTUH PKI”

[SALAH] Video “AKU BUTUH PKI”

Orang dalam video tidak mengatakan “aku butuh PKI” melainkan “aku dudu PKI.” Perkataan tersebut berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti “aku bukan PKI.”

=====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

Advertisement

=====

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3Bx6oFv

Arsip video:

https://bit.ly/3DsqzVL

Advertisement

=====

Narasi:

Narasi dalam video:

“AKU BUTUH PKI”

Advertisement

Narasi postingan:

“Itulah makanya PDIP harus dibubarkan suatu saat nanti”

=====

Penjelasan:

Advertisement

Akun Facebook Bunga Mawar memposting konten video sejumlah orang menggunakan atribut Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang diklaim menyatakan “aku butuh PKI.”

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa klaim tersebut tidak benar. Sebab, diketahui bahwa orang-orang dalam video tersebut bukan meneriakkan “aku butuh PKI” melainkan “aku dudu PKI.” Hal itu diketahui dari video berjudul “AKU PDI PERJUANGAN, AKU DUDU PKI” yang diunggah di kanal Youtube Desy Tiyana pada 27 Juni 2020.

Adapun, kata “dudu” berasal dari bahasa Jawa memiliki arti “bukan;lain;beda.” Dengan demikian, konteks kalimat yang diteriakkan dalam video tersebut berarti “aku bukan PKI.”

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten yang sebarkan akun Bunga Mawar masuk ke dalam kategori Konten yang Menyesatkan.

Advertisement

=====

Referensi:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4576593/cek-fakta-tidak-benar-seorang-pemuda-berseragam-pdip-teriak-aku-butuh-pki

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yNL4M51N-cek-fakta-beredar-video-sejumlah-kader-pdip-berteriak-aku-butuh-pki

Advertisement

Copyright ©

Populer