Cheat Day Saat Diet Keto Malah Berbahaya untuk Pembuluh Darah

By on Kamis, 16 Januari 2020

Cheat day adalah waktunya bagi tubuh untuk beristirahat sejenak dari pola makan yang ketat. Siapa pun yang sedang menjalani diet boleh saja menikmati cheat day asalkan mengikuti beberapa aturan. Namun, khusus bagi Anda yang menjalani diet keto, cheat day justru tidak disarankan karena dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah.

Bahaya cheat day bagi pelaku diet keto

aturan cheat day

Diet keto merupakan jenis diet yang menerapkan pola makan tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Kurangnya asupan karbohidrat memicu tubuh untuk membakar lemak dan protein guna memperoleh energi dalam proses yang disebut ketosis.

Kebanyakan orang menjalani diet keto untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, diet ini ternyata juga bisa membantu menurunkan gula darah sehingga dinilai bermanfaat untuk mengendalikan gejala beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2.

Meski bermanfaat, diet keto tergolong sebagai diet yang ketat. Risikonya pun cukup besar sehingga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ini juga yang menjadi alasan mengapa pelaku diet keto perlu berpikir dua kali bila ingin melakukan cheat day.

Cheat day adalah fenomena yang cukup lazim di kalangan pelaku diet. Cheat day yang benar sebenarnya dapat meningkatkan metabolisme dan membuat pembakaran lemak semakin efektif, tapi hal ini ternyata dapat menghilangkan manfaat diet keto.

Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrient menemukan bahwa cheat day paling ringan sekalipun ternyata bisa merusak pembuluh darah. Pada peneliti menduga, gula darah yang naik secara mendadak memicu respons metabolik tubuh untuk membuatnya kembali normal.

Saat pelaku diet keto melakukan cheat day, tubuhnya yang terbiasa dengan kondisi rendah glukosa akan berusaha keras menurunkan gula darah yang berlebih. Respons metabolik ini menyebabkan kerusakan sel-sel penyusun dinding pembuluh darah, bahkan mengakibatkan kematian pada sel-sel tersebut.

Tips menjalani diet keto dengan aman

tidak boleh diet keto

tidak boleh diet keto

Apabila Anda hanya menjalani diet dengan mengurangi asupan kalori atau mengubah jenis makanan yang dikonsumsi, cheat day satu hari seminggu mungkin tidak akan berdampak besar. Namun, hal ini tidak berlaku bagi pelaku diet keto.

Ketosis yang terjadi pada diet keto dapat mengubah proses kimiawi dan metabolisme tubuh Anda. Perubahan asupan secara mendadak, misalnya cheat day saat diet keto, berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Oleh sebab itu, pastikan Anda sudah memahami seluruh manfaat dan risiko diet keto sebelum menjalaninya. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjalani diet keto dengan cara yang lebih aman, antara lain:

  • Mengetahui jenis makanan yang dapat Anda konsumsi selama diet.
  • Memperbanyak konsumsi lemak tak jenuh serta membatasi lemak jenuh dan lemak trans.
  • Memenuhi kebutuhan protein.
  • Membatasi konsumsi makanan yang telah diproses.
  • Mengikuti aturan diet dan tidak melakukan cheat day.
  • Berolahraga secara rutin.
  • Memantau kadar keton dalam tubuh.
  • Berkonsultasi dengan dokter bila Anda mengalami gangguan tertentu.

Walaupun bermanfaat bagi pelaku diet lain, cheat day tidak disarankan bagi Anda yang menjalani diet keto. Pasalnya, perubahan mendadak pada metabolisme tubuh akibat cheat day dapat menyebabkan kerusakan pada sistem peredaran darah.

Jika Anda memutuskan menjalani diet keto, ikuti langkah-langkah yang tepat untuk mengoptimalkan manfaatnya dan mengurangi risikonya. Selama dilakukan dengan aman, diet keto dapat memberikan hasil yang cukup efektif.

Kabartangsel.com

Source