Connect with us

Tangerang Selatan

Tandon Lengkong Karya dan Taman Jaletreng 2 Diresmikan

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meresmikan dua fasilitas publik pada Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK), pada Jumat (1/4/2022) kemarin. Dua fasilitas publik tersebut yaitu Tandon Lengkong Karya di Kecamatan Serpong Utara dan Jaletreng 2 (Segmen Insan Cendikia) di Kecamatan Serpong. Peresmian berlangsung di Islamic Centre bersama 8 sarana publik lainnya. Pekerjaan prasarana Kali Jaletreng segmen Insan Cendikia merupakan tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Tangsel yang saat ini bernama DSDABMBK Kota Tangsel.

Kepala DSDABMBK Kota Tangsel, Robbi Cahyadi merinci, pembangunan Taman Jaletreng 2 ini berupa penanganan sempadan kali dengan turap beton bertulang. Bangunan ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan arsitektur yang sangat kekinian.

“Terdiri dari fasilitas jogging track, selasar, taman study, taman bermain, gazebo, pergola, mushola, toilet dan jembatan lintas. Panjang penanganan yang dikerjakan yaitu ± 306 M sisi kanan dan ± 312 M sisi kiri di mana waktu pelaksanaan dalam kontrak awal yaitu 180 hari kalender,” papar Robbi.

Advertisement

Selain Taman Jaletreng segmen Insan Cendekia yang diproyeksikan sebagai destinasi wisata Tangsel, bangunan lainnya yang juga diresmikan adalah Tandon Lengkong Karya, yang berada di Kecamatan Serpong Utara.

“Tandon Lengkong Karya merupakan lahan tampungan air sementara yang berupa cekungan sebagai penyimpanan debit air sehingga puncak banjir dapat dikurangidalam hal ini, Pemda melakukan revitalisasi agar fungsi tandon sebagai kolam retensi dapat kembali berjalan dengan baik. Adanya Pekerjaan Pembangunan Tandon Lengkong Karya selain untuk meningkatkan daya tampung air, juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai ruang terbuka hijau dan ruang publik. Dengan demikian lahan yang ada akan menjadi lebih hidup,” jelasnya.

Robbi mengatakan, pekerjaan Tandon ini berlangsung selama 180 hari. Bangunan ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

“Ada jogging track sepanjang 1.350 meter, pagar stainleess, pagar kawasan, gapura, ring deck, view deck, jembatan penghubung dan bangunan pendukung. Waktu pelaksanaan sesuai kontrak awal yaitu 180 hari kalender,” pungkasnya. (red/fid)

Advertisement

Populer