Connect with us

Banten

Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Banten Ikuti Upacara Melasti di Pantai Salira Indah

Menjelang perayaan Hari Raya Nyepi 1937 ribuan umat Hindu di Provinsi Banten melakukan upacara Melasti atau mensucikan diri di Pantai Salira Indah, Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang Banten, Minggu (15/3/2015).

“Kegiatan ini rangkaian dari hari raya Nyepi tahun baru Saka 1927, dan tahun ini kita mengangkat teman Penyucian diri dan alam semesta menuju pengingkatan kualitas kerja,” kata Ketua Panitia, Ida Bagus Made Ariadi kepada wartawan disela sela kegiatan.

Ida juga mengatakan terdapat tujuh banjar yang mengikuti upacara melasti ini yaitu Ciledug, Tangerang, serang, Tangsel, Rempoa, Tigaraksa, dan Banjar Sidha Karya.

Advertisement

“Pengambilan tirtha (air suci) ke tengah laut dan bersamaan dilakukan upacara sedekah laut atau mulang pakelem. Memohon kepada tuhan yang maha esa, agar senantiasa memberikan keselamatan dan kerukunan, keserasian antar alam semesta dengan mahluk hidup di dunia,” ujarnya.

Setelah itu umat Hindu dari Banten akan dilanjutkan dengann Upacara Taeur Agung di Pura Wira Eka Ananta di Taman Kopassus Kota Serang pada hari Jumat 20 Maret 2015 mendatang.

“Dalam upacara ini nanti akan dilakukan pembakaran patung ogoh-ogoh dari 6 banjar yang ada di Banten. Sedangkan simbol dari pembakaran ogoh-ogoh adalah membakar sifat nafsu keburukan yang ada dalam diri umat,” jelasnya.

Puncaknya pada perayaan hari raya Nyepi ini dilakukan pada Sabtu 21 Maret 2015 malam semua umat akan berdiam diri tanpa melakukan kegiatan apapun. Bahkan tidak ada penerangan sebagai simbol kehidupan pada hari ini. (sin/kt)

Advertisement

Populer