Connect with us

Kampus

Lima Daerah Jadi Lokasi Pengabdian Masyarakat Dosen UIN Jakarta

Lima daerah menjadi lokasi pengabdian masyarakat dosen UIN Jakarta sepanjang tahun 2021. Terdapat lima tim dosen yang melakukan pengabdian di lima lokasi tersebut.

Data resmi Pusat Pengabdian kepada Masyarakat atau PPM LP2M UIN Jakarta, Jumat (10/9/2021), pengabdian masyarakat di lima lokasi seluruhnya berbasis program studi. Selain itu, kegiatan pengabdian juga sepenuhnya didanai hibah anggaran BOPTN UIN Jakarta tahun 2021.

Lokasi pertama pengabdian masyarakat adalah Ciseeng, Bogor, Jawa Barat. Di kawasan ini, tim dosen UIN Jakarta dari Fakultas Adab dan Humaniora yang diketuai Sholikatus Sa’diyah melakukan pemberdayaan masyarakat melalui budi daya ikan hias jenis Koi.

Advertisement

Tim dosen lainnya yang diketuai Dr. Tantan Hermansyah dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi melakukan pengabdian masyarakat dengan area pengabdian seluruh Kota dan Kabupaten Bogor. Tim ini melakukan pengabdian masyarakat dalam meningkatkan literasi tentang Pandemi Covid 19 di lingkungan madrasah dengan melibatkan para seniman setempat.

Selanjutnya, tim dosen diketuai Djaka Badranaya ME dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tim ini melakukan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kapasitas Manajemen Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TP3SR) dan Bank Sampah dalam pengelolaan sampah di wilayah Tangerang Selatan.

Tim lainnya melakukan pengabdian masyarakat bagi anak-anak pinggiran. Pengabdian oleh tim dosen dari Fakultas Adab dan Humaniora yang diketuai Alfi Syahriyani M.Hum ini memfokuskan pada pembinaan mental spiritual anak Muslim pinggiran di kawasan Bogor.

Terakhir, tim dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang dipimpin Dr. Agus Nugraha. Tim ini melakukan pemberdayaan masyarakat berbasis digital marketing di Kawasan Ekowisata Kampung Sarongge Cugenang, Ciputri, Cianjur, Jawa Barat.

Advertisement

Dalam sejumlah kesempatan, Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis menekankan agar dosen-peneliti di lingkungan UIN Jakarta melakukan penelitian-pengabdian masyarakat dengan orintasi kehidupan masyarakat di masa pandemi. Selain menghasilkan karya akademik terpublikasi, ini juga dilakukan untuk mengkreasikan ide penyelesaian atas berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer