Connect with us

PT. Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (Bank Banten) kembali meningkatkan pelayanan kepada masyarakat provinsi Banten melalui perjanjian kerjasama dengan Tim Pembina Samsat Provinsi Banten untuk peluncuran “e-Samsat Banten”. Perjanjian kerjasama ini berlangsung di Serang Banten pada Jum’at (30/12).

Perjanjian kerjasama ini dihadiri oleh Direktur Utama Bank Banten, Heru Sukanto, beserta Tim Pembina Samsat Provinsi Banten, yakni Drs. H. Nandy Mulya S., MM., selaku Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Banten, Komisaris Besar Polisi Tri Julianto Djatiutomo, SIK., selaku Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Banten, dan Ari Tjahyono, SH, MM., selaku Kepala PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Banten.

“Kemajuan teknologi mengharuskan Bank Banten selalu melakukan inovasi demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Banten. Melalui perjanjian kerjasama peluncuran e-Samsat Banten ini, masyarakat akan mendapat kemudahan terutama untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui seluruh jaringan kantor dan jaringan elektronik Bank Banten, sehingga lebih mudah dijangkau oleh masyarakat. Selain itu, peluncuran e-Samsat Banten ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat guna membayar pajak daerah, khususnya PKB,” terang Heru Sukanto, Direktur Utama Bank Banten.

Advertisement

e-Samsat Banten memudahkan pelayanan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLAJ), serta Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident Ranmor), juga pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan di daerah hukum Kepolisian Daerah Banten.

“Kami mempermudah layanan kepada Wajib Pajak sehingga bisa melakukan pembayaran melalui Kantor Cabang Bank Banten di seluruh Indonesia, ATM Bank Banten, Mobile Banking dan Kantor Samsat di wilayah Banten,” jelas Heru.

e-samsat Banten merupakan layanan dari Bank Banten agar transaksi mitra Bank Banten yaitu Pemprov Banten, Polda Banten dan Jasa Raharja dapat diterima pada hari yang sama.

“Kami mengembangkan sistem host to host antara Bank Banten dan Polda Banten, Pemprov Banten serta Jasa Raharja. Sistem tersebut dibangun  untuk mempermudah alur transaksi sehingga transaksi tersebut dapat diproses saat itu juga atau real time online system” tambah Heru.

Advertisement

“Dengan e-samsat kami berharap dapat meningkatkan fee based income sehingga upaya kami dalam mengembangkan bisnis baru Bank Banten dapat memberikan hasil yang maksimal. Selain itu juga kami berharap agar nasabah kami dapat menggunakan layanan perbankan dengan teknologi yang canggih,” tutup Heru. (sp/rls/fid)

Populer