Penanganan Psoriasis Arthritis, ini Panduannya

By on Sabtu, 23 Mei 2020

Psoriasis arthritis adalah penyakit radang sendi yang dialami oleh penderita psoriasis. Penyakit ini menimbulkan gejala berupa nyeri, kaku, dan pembengkakan berbagai sendi pada tubuh. Meski tidak dapat disembuhkan, ada cara yang bisa dilakukan dalam penanganan psoriasis arthritis agar penyakit ini tidak menurunkan kualitas hidup Anda.

Cara hidup sehat penanganan psoriasis arthritis

Psoriasis arthritis dapat menimbulkan nyeri dan membuat tubuh lebih cepat merasa lelah sehingga berimbas pada aktivitas sehari-hari. Gejala yang muncul dan bertambah parah juga bisa berdampak buruk bagi kondisi kejiwaan penderita.

Walau demikian, tips berikut bisa membantu Anda hidup sehat meski memiliki psoriasis arthritis.

1. Keteraturan minum obat

methylphenidate adalah

Penderita psoriasis arthritis biasanya perlu meminum beberapa jenis obat sekaligus. Obat-obatan tersebut memiliki fungsi tersendiri, baik untuk meredakan peradangan, menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh, dan sebagainya.

Melansir laman Mayo Clinic, berikut adalah obat-obatan yang umum digunakan untuk menangani psoriasis arthritis:

  • Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen untuk meredakan peradangan serta nyeri sendi.
  • Obat imunosupresan seperti azathioprine dan cyclosporine untuk menghambat kerja sistem kekebalan tubuh.
  • Obat antirematik seperti methotrexate dan leflunomide, untuk menghambat perkembangan penyakit.
  • Obat-obat lainnya untuk menghambat fungsi tertentu pada sistem kekebalan tubuh atau enzim yang memicu peradangan sendi.

2. Berolahraga

Intensitas vs. Durasi, Mana yang Lebih Penting saat Berolahraga?

Intensitas vs. Durasi, Mana yang Lebih Penting saat Berolahraga?

Olahraga rutin dapat membantu Anda menangani gejala psoriasis arthritis. Pasalnya, gerakan dalam olahraga akan menjaga kelenturan sendi dan otot. Kegiatan ini juga bisa mengurangi nyeri dan peradangan yang menyerang sendi.

Jika sebelumnya Anda jarang berolahraga, awali dengan kegiatan aerobik yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, yoga, atau berenang. Lakukan setidaknya 30 menit sebanyak 3 hari dalam seminggu.

3. Pengelolaan nyeri

akupresur untuk mabuk perjalanan

akupresur untuk mabuk perjalanan

Salah satu tantangan terbesar bagi penderita psoriasis arthritis adalah nyeri yang dapat muncul kapan saja. Nyeri biasanya dapat diatasi dengan meminum obat NSAID, tapi gejala ini terkadang bersifat sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain meminum obat, metode alternatif seperti meditasi, akupunktur, dan akupresur juga disinyalir mampu menangani nyeri akibat psoriasis arthritis. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani metode alternatif apa pun.

4. Penyesuaian lingkungan kerja

mengatasi stres kerja

mengatasi stres kerja

Kegiatan sederhana di tempat kerja seperti menggerakkan mouse, mengambil barang di atas rak, atau menggeser kursi dapat memicu gejala radang sendi. Oleh sebab itu, Anda perlu membuat beberapa penyesuaian untuk mencegah timbulnya gejala.

National Psoriasis Foundation Amerika menyarankan beberapa penyesuaian untuk menangani gejala psoriasis arthritis di tempat kerja, di antaranya:

  • Memberitahukan kondisi Anda kepada atasan dan rekan kerja.
  • Menempatkan layar komputer sejauh 45-55 cm di depan Anda.
  • Mengganti mouse dengan track pad untuk mengurangi gerakan tangan.
  • Mengatur ketinggian meja dan kursi senyaman mungkin.
  • Meminta bantuan saat mengangkat barang.
  • Meletakkan barang yang penting dekat dengan Anda.

5. Penanganan stres dan rasa cemas psoriasis arthritis

konseling psikologi

konseling psikologi

Nyeri sendi, rasa lelah, dan gejala lain yang timbul dapat berdampak buruk bagi kondisi emosional Anda. Jadi, selain menangani gejala psoriasis arthritis, Anda juga perlu mengelola stres dan rasa cemas yang menyertainya.

Anda bisa mencoba kegiatan yang dapat meredakan stres seperti meditasi, teknik relaksasi, dan teknik pernapasan. Bila cara tersebut tidak cukup, cobalah berkonsultasi dengan psikolog untuk mengatasi stres dan cemas berkepanjangan akibat penyakit ini.

Psoriasis arthritis memengaruhi berbagai aspek kehidupan penderitanya. Akan tetapi, Anda dapat mengurangi timbulnya gejala melalui sejumlah langkah di atas. Dengan demikian, penanganan psoriasis arthritis dengan cara-cara hidup yang sehat dan bahagia itu diperlukan.

Kabartangsel.com

Source