Connect with us

Pemerintahan

Puluhan Pemuda di Kota Tangerang Selatan Mendapatkan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Puluhan pemuda di Kota Tangerang Selatan mendapatkan pelatihan budidaya ikan air tawar yang diselenggarakan di Green Hills, Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 17 September 2012.

Serpong- Puluhan pemuda di Kota Tangerang Selatan mendapatkan pelatihan budidaya ikan air tawar. Kegiatan ini bertujuan mewujudkan wirausaha muda kader masyarakat yang terampil dan profesional.

“Dengan begitu kita dapat memperlihatkan peran pemuda dalam dunia nyata,” ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga – Chaerudin di Green Hills, Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 17 September 2012.

Pada prinsipnya, kata Chaerudin, kaum pelopor pemuda dituntut untuk berperan aktif dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) terdidik untuk menghadapi tantangan perkembangan jaman. Seperti yang tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 4 Tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Kepemudaan.

a Oleh karena itulah pemuda harus mendapatkan perhatian penuh dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Menurut Chaerudin, daya saing sebuah daerah sangat ditentukan oleh kemandirian kaum pemuda.

“Pemuda harus dijadikan skala prioritas dalam upaya peningkatan SDM. Sehingga menjadi generasi penerus yang mandiri dan kreatif,” kata Chaerudin.

Advertisement

Pada kesempatan tersebut digelar seminar pengenalan dan metode budidaya ikan air tawar. Hadir sebagai pembicara yakni pejabat dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Cianjur – Nunung Nurseha dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangerang Selatan – Zainal Aminin.

“Komoditi ikan hias di Tangerang Selatan sudah ada pasarnya ikan higienis, yakni disebelah Pasar Modern BSD. Balai benih ikan tawar akan segera dibangun dalam waktu dekat,” ujar Zainal.

Selain mengikuti seminar disertai sesi tanya-jawab antara peserta dengan narasumber, puluhan pemuda ini juga diajak berkunjung ke Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar Jawa Barat di Cianjur.

Di tempat tersebut diperlihatkan cara-cara budidaya ikan air tawar dan kemudian juga mengunjungi salah satu pondok pesantren yang telah melakukan budidaya ikan air tawar jenis lele.

Advertisement

“Kami berharap dalam kegiatan pelatihan budidaya ikan air tawar ini bisa menghasilkan enterpreneur muda yang profesional dan mandiri,” harap Bendahara Umum Karang Taruna – Nufrizal, kepada Web Tangsel. (bpti-ts/kabartangsel.com)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer