Connect with us

Kabupaten Tangerang

Sejarah Singkat Kecamatan Pagedangan, Calon Ibu Kota Tangerang Tengah

Kecamatan Pagedangan akan menjadi ibukota otonom baru di Tangerang, yakni Tangerang Tengah.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menghadiri acara meet up Indonesia Offroad Federation (IOF) Tangerang Raya yang digelar di Sirkuit Offroad BSD City, Pagedangan Kabupaten Tangerang pada Sabtu, (29/10/2022).

“Nantinya tanah sirkuit ini untuk dijadikan pusat pemerintahan baru, apabila nanti di Kabupaten Tangerang akan dibentuk daerah otonomi baru,” ungkapnya.

Kota Tangerang Tengah meliputi 6 Kecamatan, yaitu Kecamatan Pagedangan, Kecamatan Cisauk, Kecamatan Legok, Kecamatan Kelapa Dua, KecamatanCurug, dan Kecamatan Panongan.

Advertisement

Sejarah Kecamatan Pagedangan

Kecamatan Pagedangan merupakan wilayah pemekaran dari Kecamatan Legok. Diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat R. NURIANA, Pada 11 Agustus 1999. Dengan ber-Ibu Kotakan Desa Pagedangan yang mulai terbentuk pada masa kolonial Belanda sekitar tahun 1935 (menurut informasi yang tersebar di masyarakat). Letak nya cukup strategis berada di pusat Kota Kecamatan Pagedangan dan tepat berlokasi di lintasan jalan otonom antara Kecamatan Legok menuju Tangerang Selatan. Sehingga Kecamatan Pagedangan menjadi titik perlintasan akses dan mobilisasi baik menuju Kota Kabupaten, Kota Provinsi dan pusat perbelanjaan tradisional seperti  Pasar  Legok,  Pasar  Serpong  dan  Pasar  Parung  Panjang  (Kab. Bogor). Selain itu Kecamatan Pagedangan juga menjadi sentral pemerintahan yang di kelilingi beberapa developer swasta yang mulai berkembang sejak tahun   90an di wilayah setempat. Sebut saja   PT. Sinarmas Land, PT. Summarecon, PT. Paramount Land yang mengembangkan   wilayah   setempat   untuk   pemukiman,   perkantoran, bisnis, pusat perbelanjaan dsb. Jalan-jalan Boulevard yang dibangun terhubung  dengan  jalan  pemerintah,  sehingga  semakin  memudahkan akses dari berbagai arah untuk menuju Kantor Kecamatan Pagedangan.

Gambaran Umum Kecamatan Pagedangan

Kondisi Geografis Kecamatan Pagedangan

Kecamatan  Pagedangan  terletak  di  sebelah  selatan Kabupaten Tangerang dan secara administratif terdiri dari 1 kelurahan dan 10 desa. Dengan Luas 4802,29 Ha. Batas wilayah Kecamatan Pagedangan :

•  Sebelah utara, berbatasan dengan Kecamatan Kelapa Dua.

Advertisement

•  Sebelah timur, berbatasan dengan Kecamatan Serpong / Serut Kota Tangerang Selatan.

•  Sebelah selatan, berbatasan dengan Kecamatan Cisauk.

•  Sebelah barat, berbatasan dengan Kecamatan Legok

Desa/kelurahan di Kecamatan Pagedangan

Desa Cicalengka
Desa Cihuni
Desa Cijantra
Desa Jatake
Desa Kadu Sirung
Desa Karang Tengah
Desa Lengkong Kulon
Desa Malang Nengah
Kelurahan Medang
Desa Pagedangan
Desa Situgadung

Advertisement

Destinasi Wisata Kecamatan Pagedangan

Taman Makam Pahlawan Raden Aria Wangsakara

Berlokasi di Kp. Lengkong Ulama Ds. Lengkong Kulon Kec. Pagedangan, tempat bersejarah yang dulu menjadi pusat penyebaran Islam ini, kini di tetap kan sebagai salah satu situs cagar budaya oleh Pemerintah Kab. Tangerang. Meski berada di daerah urban yang berkembang, TMP ARIA WANGSAKARA tetap lestari menjadi penunjang budaya kearifan lokal Rakyat Tangerang.Menjadi salah satu destinasi wisata Religi dari berbagai penjuru  nusantara.  Mengingat disini  banyak  terdapat  makam pahlawan leluhur yang menjadi legenda dan sejarah perjuangan bangsa pada masa kolonial.

Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD)

Gedung convention bertaraf internasional ini berada tepat di Ds. Pagedangan Kec. Pagedangan Kab. Tangerang. Berbagai event yang digelar mulai dari pagelaran musik dalam dan luar negeri, Pameran otomotif, hingga acara-acara resmi kenegaraan, banyak membuat Orang-orang sering mengujungi tempat ini. Memiliki 10 Hall seluas 50.000 M² di tambah 50.000 M² outdoor, Gedung Hall terbesar di Asia Tenggara ini mampu memperolah rata rata 330 Jt Euro setiap tahunnya. Dan masuk jajaran 10 Perusahaan Pameran Terbesar di Dunia.

AEON MALL

AEON Mall will be a place for cultural exchange between Indonesia and Japan

Pusat perbelanjaan yang di bangun oleh pengembang dari Jepang ini, banyak di kunjungi para pelancong hingga rata-rata 20.000 orang setiap harinya. Memiliki konsep yang berbeda dengan pusat perbelanjaan pada umum nya AEON Mall di nilai cukup sukses menarik para wisatawan. Pusat perbelanjaan ini teletak di Wilayah Selatan Kecamatan Pagedangan yang berbatasan dengan Kecamatan Cisauk. Beroperasi sejak Mei Tahun 2015 Aeon Mall erupakan hasil kolaborasi strategis para pihak pengembang PT. Sinar Mas Land dan PT. Aeon Group.

FROGGY EDUTOGRAPHY

Merupakan wisata edukasi yang sangat menarik untuk di kunjungi terutama bagi anak-anak. Dengan design bangunan unik menyerupai castil yang seakan melayang dari permukaan bumi. Memliki 10 Lantai yang masing-masing lantai terdapat program-program edukasi yang banyak disukai.

Advertisement

Bangunan ini kini menjadi icon daerah setempat yang semakin cantik bila tampak pada saat malam hari. Bangunan Froggy ini tepat berada di persimpangan Jl Raya BSD Utama yang secara geografis kawasan ini berada di Desa Pagedangan Kec. Pagedangan Kab. Tangerang

BRANCHSTO

Salah satu wisata keluarga yang berada di Kec. Pagedangan ini mulai ramai di kunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Karena lokasi nya yang strategis bisa di akses dari arah Gading Serpong dan BSD. Wisata ini berupa wisata olahraga berkuda. Banyak terdapat istal dan kuda kuda di dalam nya yang memang di khususkan bagi para penggemar olahraga berkuda. (red)

Populer