Tanah di Pondok Ranji Ciputat Timur Tangsel Amblas Dua Meter

By on Rabu, 27 November 2019

Penghuni kontrakan di Wisma Indah, Jalan Kramat Pondok Ranji RT 02/10, Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel) dikejutkan dengan amblasnya tanah sedalam dua meter, Rabu (27/11/2019).

Kejadian amblasnya tanah tersebut terjadi sekitar pukul 05.30 WIB. Akibatnya, empat motor dan sepeda anak-anak milik penghuni kontrakan tercebur ke lubang tersebut.

Salah satu warga, Aji menjelaskan sebelumnya tidak ada tanda-tanda akan amblasnya tanah berkonblok itu.

“Tanda mah enggak ada. Saya itu habis solat subuh biasa-biasa aja itu jalan. Tapi tiba-tiba amblas sekira pukul 5.30 pagi,” ujar Aji.

Beruntung amblasnya tanah tersebut, tidak menimbulkan korban luka maupun korban jiwa. Hanya kerugian materil saja.

Namun begitu, kejadian ini memutuskan untuk tidak bekerja karena khawatir akan terjadi amblas susulan.

“Iya untuk hari ini saya memutuskan untuk tidak masuk kerja. Saya ambil cuti khawatir juga liat amblas di depan rumah kaya gini. Sebenarnya kan rumah depannya saya tidak kena. Samping rumah aja cuma kan posisi rumah saya dipojok nggak bisa lewat. Khawatir juga sama istri dan anak,” ungkapnya.

Sedangkan warga lainnya, Sugiyono menuturkan amblasnya tanah terjadi akibat tanah yang gempur. Karena lokasi tersebut, sebelum dijadikan kontrakan merupakan tanah lapang kosong.

“Sebelumnya kan ini tanah kosong yang posisinya miring, terus dibuat rata karena saya juga pekerjanya saat itu. Mungkin tergerus air,” kata Sugiyono.

Lanjutnya, amblasnya tanah tersebut baru pertama kali terjadi sejak lebih dari lima tahun kontrakan tersebut berdiri.

“Baru pertama kali terjadi. Untungnya juga amblasnya di pelataran, Alhamdulillah tidak ada korban juga,” terangnya.

Saat ini amblasnya tanah tersebut telah ditangani oleh pekerja yang telah mengevaluasi empat motor yang tercebur dan menggali tanah yang amblas. (wt)