Connect with us

Kabupaten Tangerang

Warga Pegedangan, Cisauk, Curug, Kelapa Dua dan Legok Pingin Bikin Kota Tangerang Tengah

Published

on

Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Presidium Badan Persiapan Pembentukan Kota Baru Tangerang Tengah (BPP-KTT) gelar deklarasi sekaligus persiapan pembentukan kota baru Tangerang Tengah.

Deklarasi kota baru yang rencananya meliputi lima Kecamatan terdiri dari Kecamatan Cisauk, Pagedangan, Legok, Kelapa Dua dan Curug tersebut digelar di Taman Makam Pahlawan Raden Aria Wangsakara, Kampung Lengkong, Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

“Kami dari inisiator mendeklarasikan untuk segera terbentuknya kota baru Tangerang Tengah, yg terdiri dari lima Kecamatan yaitu Pegedangan, Cisauk, Curug, kelapa dua dan Legok,” ucap Ketua Presidium, Nurdin M Satibi kepada awak media, Minggu (21/11/2021).

Advertisement

Ia menjelaskan, jika dilihat dari situasi dan teritorial perkembangan penduduk serta pembangunan yang sudah sangat signifikan di wilayah ini, maka kota baru tersebut sudah sangat relevan untuk dibentuk.

Hal itu juga katanya, tidak bertentangan dengan undang-undangan nomor 32 tahun 2004 dan 23 tahun 2014 tentang memberikan pelayanan, kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

“Itu alasannya, dan juga memang sangat relevan sekali untuk di wilayah Tangerang Tengah ini segera mungkin adanya pemekaran kota baru,” ujarnya.

Nurdin berharap, pembentukan kota baru ini juga turut didukung oleh berbagai elemen masyarakat, terkhusus masyarakat di lima Kecamatan yang masuk dalam wilayah Tangerang Tengah.

Advertisement

Sementara itu, budayawan sekaligus salah satu inisiator pembentukan kota baru Tangerang Tengah, Anwar menambahkan, untuk selanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab Tangerang.

Kemudian presidium juga akan menggandeng perguruan tinggi yang masuk wilayah Tangerang Tengah untuk melakukan pengkajian pemekaran kota baru tersebut.

“Sekarang naskah akademik akan kami susun nanti, kita akan kaji baik secara kultur sosial, budaya ekonomi, geografis akan dibentuk oleh tim pakar yang kami susun,” tutupnya. (RIK/WT)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer