Connect with us

Tangerang Selatan

KKM MTsN 1 Tangsel Gelar OSSO 2023

KKM MTsN 1 Kota Tangsel Gelar OSSO 2023
Salah satu kegiatan rutin tahunan KKM MTsN 1 Kota Tangsel adalah Olimpiade Sains, Seni, dan Olah raga (OSSO) tingkat MTs se-Kota Tangerang Selatan. Untuk OSSO tahun 2023 ini diadakan di Ponpes Al Amanah Al Gontory, Pondok Aren, Tangsel, Sabtu (11/02/2023).
Kegiatan dibuka oleh kepala kantor Kemenag Tangsel, Dedi Mahfudin, dan dihadiri oleh Kasi Penmad, Muhammad Edi Suharsongko, Ketua Pokjawas, Jajang Raksanagara, Kepala MTsN 1 Tangsel, Ulik Widiantoro, para Pengawas, para Kepala Madrasah Tsanawiyah, dewan juri, serta peserta siswa-siswi MTs se-kota Tangsel.
Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Kepala Kantor menyambut baik diadakannya kegiatan OSSO ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dalam rangka mencari bibit dan bobot anak-anak Madrasah yang ahli di bidang Sains, Seni, dan Olahraga.
“Saya berharap dari kegiatan ini kelak akan lahir para ilmuwan, seniman, dan olahragawan yang religius dan taat beragama. Dan mereka berasal dari siswa-siswa madrasah,” ujar Kepala Kantor.
Dirinya berpesan kepada para peserta OSSO untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan fokus dan serius, karena peserta yang menjadi juara di tingkat Tangsel akan dikirim menjadi duta OSSO untuk tingkat Provinsi dan Nasional.
Sementara itu, Ketua KKM MTs Tangsel, Ulik Widiantoro, menegaskan bahwa pelaksanaan kegiatan OSSO ini sangat objektif.
“Semua penilaian dilakukan secara objektif. Untuk kegiatan keagamaan, kami mendatangkan juri yang sudah kredibel,” jelasnya.
Dirinya menambahkan kegiatan OSSO sangat baik sebagai persiapan siswa dalam menyongsong KSM dan Aksioma.
“Saya berharap dari kegiatan seperti ini dapat menghasilkan siswa-siswi yang cerdas dan qori terbaik dari pelajar di kota Tangsel,” ujarnya.
Seperti diketahui, munculnya istilah olimpiade pada mulanya hanya dalam bidang olahraga, kemudian meluas dalam bidang seni dan sains. Ini menunjukkan perlunya olah seni, olah pikir, dan olah raga.
Olimpiade sains yang berkembang diikuti dengan olah raga dan seni untuk para siswa berguna untuk mengukur potensi siswa di tingkat Nasional dan Internasional. Kegiatan ini juga mendukung bagaimana siswa belajar di abad 21.
Kegiatan OSSO bertujuan untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki siswa ke jenjang nasional hingga internasional, mencari dan memberi pelayanan terbaik bagi siswa sehingga semua potensinya berkembang maksimal. Ini tentunya memerlukan kerjasama dari daerah dan pusat.
Kegiatan yang diikuti 46 MTs se-kota Tangsel ini memperlombakan beberapa cabang, antara lain Olimpiade Sains, terdiri dari mata pelajaran Matematika, Biologi, Fisika, Bahasa Indonesia, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, PAI, dan PKN.
Di cabang Olahraga, terdiri dari Lari 100 dan Bulu Tangkis. Selain itu lomba pidato 3 Bahasa; Indonesia, Inggris, Arab, Musabaqoh Tilawatil Quran, Musabaqoh Hifzil Quran, dan Kaligrafi. (afm/fid)


Populer