Connect with us

Cek Fakta

Beredar Hoaks Penyanyi Zinidin Zidan Meninggal Dunia

[SALAH] Penyanyi Zinidin Zidan Meninggal Dunia

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Informasi tersebut merupakan hoaks. Manajer dari Zinidin Zidan telah mengklarifikasi bahwa tidak ada kecelakaan tol dan mereka dalam kondisi baik-baik saja.

Selengkapnya ada di penjelasan.

Advertisement

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: TIKTOK
archive.vn/vsJsU
https://vt.tiktok.com/ZSdPbBPaR/

=====
[NARASI]:

“Zidan mengalami kecelakaan tunggal di jalan tol pada pukul 00.40 dini hari dan mengakibatkan meninggal dunia. Semoga tenang di alam Allah.”

Advertisement

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah video beredar melalui media sosial Tiktok. Di dalamnya disampaikan sebuah informasi yang menyatakan bahwa salah satu musisi Indonesia, Zinidin Zidan, meninggal dunia pada kecelakaan di jalan tol. Video yang diunggah oleh akun @Videoviral pada 2 Mei 2022 ini langsung mendapat respon yang sangat beragam dari masyarakat Indonesia.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, kabar tentang meninggalnya Zinidin Zidan ini ternyata merupakan informasi hoaks. Manajer dari Zidan yang bernama Liong menyatakan bahwa penyanyi tersebut dalam keadaan baik-baik saja dalam perjalanannya menuju kota Palu, Sulawesi Selatan.

“Saya Liong, manajer pribadi Zidan, mau klarifikasi video yang beredar kecelakaan tol. Saya sama Zidan alhamdulillah sampai dengan selamat di Kota Palu, Sulawesi Tengah,” ungkap Liong melalui akun Instagram pribadinya pada Senin kemarin.

Advertisement

Jadi dapat disimpulkan bahwa video yang menyatakan bahwa penyanyi Zinidin Zidan telah meninggal dunia pada kecelakaan tol merupakan informasi hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.kompas.tv/article/285364/zinidin-zidan-dikabarkan-meninggal-dunia-begini-faktanya-menurut-manajer

https://www.liputan6.com/showbiz/read/4954083/klarifikasi-zinidin-zidan-dikabarkan-kecelakaan-tunggal-hingga-meninggal-dunia

Turnbackhoaks

Advertisement

Populer