Cek Fakta: [SALAH] Sambal Bawang Bisa Cegah Covid19

By: Senin, 4 Januari 2021
[SALAH] Sambal Bawang Bisa Cegah Covid19

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Informasi itu tidak benar. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Ari Fahrial Syam mengatakan, tidak ada kandungan secara rinci dalam bawang dan cabai rawit dalam menangkal Corona. Namun, keduanya berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

============

[KATEGORI]:

KONTEN YANG SALAH

============

[SUMBER]: Whatsapp dan Facebook

https://archive.vn/RmOSc

============

[NARASI]:
“SAMBEL BAWANG
Pesan simbah ku biyen , ojo lali kala-kala ( kadang-kadang ) maem gawe “sambel bawang” Lee….
Ternyata ohh ternyata…. Leluhur kita sudah meramu resep penangkal segala virus /bakteri sedari dulu…
Tau kah anda ? Sambel bawang adalah resep warisan leluhur dgn komposisi yg sangat tepat untuk memperbaiki antibody tubuh kita.
Kenapa bawang mentah ? Di dalamnya terdapat zat antioksidan alami yg sangat dibutuhkan tubuh , kudu dengan cabe rawit , kenapa ? Di dalam cabe rawit banyak terkandung vitamin C dosis tinggi , sehingga bagus untuk daya tahan tubuh…
Kenapa sambel bawang diuleg dalam keadaan mentah ? Dan di siram minyak ( minyak goreng ) ? Agar zat di dalam bawang putih yg keluar saat diuleg , tidak sampai menguap dan hilang begitu saja…
Terikat di dalam sambal dan lebur dengan minyak goreng , yg selanjutnya kita konsumsi…
Maka dari itu tidak perlu panik , selama masih doyan makan pake sambal bawang dan tetap menjaga PHBS.
virus/kuman/bakteri jahat , Tak akan pernah mampir ke tubuh kita.. Jgn lupa tetap cuci tangan , kalo tak ada antiseptik , sabun colekpun okelahh…
Kenapa orang di luar negeri banyak yg kena virus corona? Mungkin karena mereka nggak kenal dan nggak pernah di warisi resep ini sama leluhur mereka , bersyukurlah kita.. Sebagai bangsa Indonesia.. Karena itulah penangkal nya corona…. SAMBAL BAWANG”

============

[PENJELASAN]:

Telah beredar informasi di media sosial Whatsapp dan Facebook dengan narasi sambal bawang bisa menangkal Covid19. Narasi tersebut diposting oleh Satrio Ega dalam grup Facebook “Magetan Facebooker’s” pada 27 Desember 2020, dengan jumlah like sebanyak 37 warganet, 9 komentar, dan 3 kali dibagikan.

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan, dilansir pada Kompas.com, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Ari Fahrial Syam mengatakan, informasi sambal bawang dapat menangkal virus corona tidak benar. Karena dalam bawang dan cabai rawit tidak terdapat kandungan secara rinci yang dapat menangkal virus Corona.

“Hoaks. Tidak ada yang spesifik menangkal virus, walau kita tahu cabai mengandung vitamin C,” kata dr. Ari kepada Kompas.com pada Kamis 31 Desember 2020.

Sebagai tambahan, dalam akun Twitter resmi WHO Filipina, menyebut bawang memang makanan yang menyehatkan yang mengandung kandungan antimikroba. Namun, tidak ada bukti bawang dapat melindungi orang dari virus Corona.

Sehingga klaim mengenai sambal bawang dapat menangkal corona dapat dikatakan hoaks dengan kategori konten yang salah.

============

[REFERENSI]:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/31/140800465/-klarifikasi-sambal-bawang-diklaim-mampu-tangkal-virus-corona?page=all
https://twitter.com/WHOPhilippines/status/1224626371063738369/photo/1

Penulis: Rahmah An Nisaa
Editor: Bentang Febrylian

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *