Video Kemunculan Harimau di Hutan Kabupaten Blora, Cek Faktanya!

By: Senin, 4 Januari 2021
[SALAH] Video Kemunculan Harimau di Hutan Kabupaten Blora

Hasil Periksa Fakta Rizky Maulana (Universitas Bina Sarana Informatika).

Faktanya kemunculan harimau tersebut terjadi di hutan Mothugudem, Distrik Khammam, Telangana, India.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

= = = = =

KATEGORI: KONTEN YANG SALAH

= = = = =

SUMBER: YOUTUBE

https://archive.vn/hRBBq

https://archive.vn/aoJfQ

= = = = =

NARASI:

“sumber video whatsapp” unggah akun Youtube Vrilian vlog, Kamis (31/12/2020).

“blora masih ada raja hutan lur” unggah akun Youtube Ledi Dwi Channel, Jumat (01/01/2021).

=====

PENJELASAN:

Sejumlah akun Youtube mengunggah video berdurasi 30 detik, video tersebut merekam keberadaan harimau yang diklaim terjadi di hutan Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Informasi keberadaan harimau di hutan Blora tersebut sempat membuat geger warga Blora pada akhir tahun 2020 lalu.

Dari hasil penelusuran menggunakan mesin pencarian Google Image dengan tangkapan layar video tersebut, penelusuran mengarah pada artikel berbahasa Telugu milik news18.com yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artikel tersebut berjudul “Harimau: Um … harimau besar di kawasan wisata … peringatan bagi wisatawan” yang tayang pada 18 Oktober 2020.

Dalam artikel tersebut terdapat tangkapan layar video yang identik seperti unggahan sejumlah akun Youtube, disebutkan dalam artikel bahwa seekor harimau besar sedang berjalan di hutan Mothugudem, Distrik Khammam, Telangana, India.

Video serupa juga pernah tayang pada akun Youtube G media dengan judul “Cow attacked by tiger in #Telangana” yang tayang pada 14 Desember 2020, dalam video tersebut juga ditampilkan seekor sapi dengan leher terluka.

Terkait kemunculan harimau di Hutan Mothugudem, petugas kehutanan sedang mencari asal muasal harimau tersebut, kemana perginya dan keberadaannya, jika mengarah ke pemukiman warga kemungkinan pihak berwenang akan memindahkan harimau tersebut ke tempat lain.

Perlu diketahui harimau jawa atau yang mempunyai nama lain panthera tigris sondaica adalah subspesies harimau yang hidup terbatas di Pulau Jawa. Harimau ini telah punah sejak tahun 1972, dikarenakan perburuan dan perkembangan lahan pertanian yang mengurangi habitatnya secara drastis.

Atas penjelasan tersebut, terkait kemunculan harimau di hutan Kabupaten Blora, Jawa Tengah adalah tidak benar dan masuk ke dalam ketegori konten yang salah.

===

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=l7oT_mhr3Pw

https://telugu.news18.com/photogallery/telangana/royal-bengal-tiger-sighted-in-mothugudem-tourist-and-forest-area-of-khammam-district-of-telangana-nk-kmm-636484.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Harimau_jawa

Penulis: Kiki

Editor: Bentang Febrylian

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *