Connect with us

Cek Fakta

Dinosaurus Terakhir Ditemukan di Yogyakarta, Cek Faktanya! Awas Hoaks!

[SALAH] Video Dinosaurus ditemukan di Yogyakarta – TurnBackHoax.ID

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim video tersebut tidak benar. Faktanya, video tersebut berlokasi di Mojosemi Forest Park, Jawa Timur dan sebagai promosi dari pihak pengelola.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

Advertisement

KATEGORI: Konteks yang Salah

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.ph/RYPlI

= = = = =

NARASI:
“Dinosaurus terakhir 😯
Ditemukan di Yogyakarta 🇮🇩”
= = = = =

Advertisement

PENJELASAN:
Akun Tiktok rohimat.vlog🦖 memposting sebuah video yang berdurasi 58 detik yang terdapat narasi bahwa dinosaurus tersebut ditemukan di Yogyakarta. VIdeo tersebut memperlihatkan dinosaurus yang akan dikeluarkan dari truk.

Setelah ditelusuri, ditemukan video yang sama di kanal youtube Tribun Medan TV dalam salah satu video berjudul “Viral Dinosaurus Mengamuk Sampai TNI Turun Tangan Mengamankan, Ternyata Ini Yang Sebenarnya Terjadi?”. Dalam postingan yang diunggah 14 Desember 2020 tersebut ditemukan informasi lokasi pengambilan video tersebut di Mojosemi Forest Park, Magetan, Jawa Timur. Video tersebut sebagai ajang promosi yang dilakukan pihak pengelola, adapaun video diambil pada Senin 14 Desember 2020.

Lebih lanjut pada Instagram resmi mojosemiforestpark dalam salah satu postingan yang diunggah 14 Desember 2020 nampak video dalam postingan adalah kejadian yang sama namun berbeda di pengambilan video. Mojosemi Forest Park sendiri beralamat di Jl. Raya Sarangan Jl. Cemoro Sewu No.Km. 5, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Sebelumnya pada bulan Desember 2020 video serupa dengan klaim yang salah juga beredar di media sosial Facebook. Hal tersebut telah diperiksa fakta oleh turnbackhoax.id dalam artikel berjudul “[SALAH] Video “Hewan Purbakala Yang Hanya Nampak Di Film² Kini Di Temukan Di Lereng Gunung Lawuh Magetan””.

Advertisement

Dengan demikian klaim bahwa video tersebut berlokasi di Yogyakarta tidak benar. Lokasi video tersebut di Mojosemi Forest Park, Jawa Timur sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:

View this post on Instagram

A post shared by Mojosemi Forest Park (@mojosemiforestpark)

Advertisement

[SALAH] Video “Hewan Purbakala Yang Hanya Nampak Di Film² Kini Di Temukan Di Lereng Gunung Lawuh Magetan”

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

https://platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Copyright ©

Advertisement

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer