Memilih Makanan Sehat Ketika Menghadapi Pandemi COVID-19

By: Senin, 11 Januari 2021

Oleh: Raden Satrio Wicaksono Sastrosubroto

Kesehatan menjadi salah satu hal yang amat diperhatikan pada masa pandemi COVID-19 ini. Banyak orang memakai masker dan rajin mencuci tangan, bahkan membatasi waktu diluar rumah demi tetap sehat dan menghindari infeksi COVID-19. Salah satu aspek untuk mencapai kesehatan adalah makanan sehat, namun sayang masih kecil kesadaran masyarakat Indonesia akan makanan sehat dan masih memilih makanan praktis yang mementingkan rasa dibanding manfaat dan nutrisi dari makanan itu sendiri.

Kita yang sedang dilanda pandemi ini harus paham bahwa makanan yang kita makan akan menentukan kesehatan fungsi tubuh kita seperti imunitas dan kebugaran. Walaupun tidak ada makanan yang dapat menyembuhkan dari infeksi COVID-19, namun pemilihan makanan sehat dapat membantu meningkatkan imunitas dan pertahanan tubuh kita dari infeksi COVID-19, serta dapat mempercepat penyembuhan tubuh kita dari berbagai penyakit termasuk COVID-19. Makanan sehat dan nutrisi yang baik juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya masalah kesehatan lainnya, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, hingga beberapa jenis kanker.

Namun kembali lagi pada situasi sulit yang sedang kita semua hadapi saat ini, tentunya sulit untuk harus membagi perhatian lagi ke pemilihan makanan sehat. Disini kami telah menyusun tips memilih makanan sehat dan bergizi agar pembaca tidak pusing memikirkan pilihan makanan sehat untuk keluarga. Berikut tipsnya:

Makan makanan segar dan kurangi makanan olahan

Makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan makanan dari hewan ternak (misalnya daging, ikan, telur dan susu). Untuk cemilan, pilih sayuran mentah dan buah segar daripada makanan yang tinggi gula, lemak, atau garam. Jangan terlalu lama memasak sayuran dan buah karena dapat menyebabkan hilangnya vitamin penting, serta, saat menggunakan sayuran dan buah kalengan atau kering, pilih jenis yang tanpa tambahan garam atau gula.

Minum air yang cukup

Air sangat penting untuk mengangkut nutrisi dan senyawa dalam darah, mengatur suhu tubuh Anda, melancarkan sistem ekskresi, dan melumasi sendi. Minum 8–10 gelas air setiap hari agar anda tetap terhidrasi. Air putih adalah pilihan minuman terbaik, tetapi kita bisa mengonsumsi minuman lain, buah dan sayur yang mengandung air, misalnya jus lemon (diencerkan dengan air dan tanpa pemanis), teh dan kopi. Tetapi jangan mengonsumsi terlalu banyak kafein, dan hindari jus buah manis, sirup, dan minuman bersoda karena mengandung gula berlebih.

Kurangi konsumsi gula dan garam

Saat memasak, batasi jumlah garam dan bumbu bernatrium tinggi (misalnya kecap dan kecap ikan). Batasi asupan garam harian hingga kurang dari 5 g (sekitar 1 sendok teh), dan gunakan garam beryodium. Hindari makanan yang tinggi garam dan gula. Kurangi juga mengkonsumsi minuman ringan atau minuman lain yang tinggi gula. Pilih buah-buahan segar daripada cemilan manis seperti biskuit, kue dan coklat.

Sekian beberapa tips memilih menu makanan untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk mempraktikkan protocol kesehatan ketika berpergian. Usahakan makan di rumah untuk mengurangi tingkat kontak dengan orang lain dan menurunkan kemungkinan anda terinfeksi COVID-19. Sebaiknya jaga jarak setidaknya 1 meter antara Anda dan siapa saja terutama dari yang batuk atau bersin. Ketika berbelanja di supermarket, rencanakan terlebih dahulu apa yang akan dibeli sehingga mengurangi waktu anda berada di luar rumah, gunakan masker, dan siapkan alat pembayaran non-tunai. Tetaplah waspada, dan cermatlah memilih makanan sehat. (red)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *