Connect with us

Tangerang Selatan

Penyelesaian Sengketa Pemilu Harus Efektif

Penyelesaian Sengketa merupakan salah satu proses yang biasanya terjadi jika ditemukan kesalahan dalam pelaksanaan Pemilihan. Baik itu Pilkada atau Pemilu.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Wirdyaningsih menjelaskan beberapa cara efektif yang bisa dilakukan Bawaslu untuk melakukan penyelesaian sengketa yang terjadi. Yang pertama, Bawaslu perlu mengupayakan kehadiran para pihak dengan menyampaikan pentingnya kehadiran itu.

”Dijelaskan kalau kehadiran mereka itu untuk menyelesaikan sengketa dan dampak ketidakhadiran para pihak,” ujar dalam webinar Penyelesaian Sengketa Pemilu dan Pemilihan, Evaluasi dan Proyek, Kamis (16/9).

Advertisement

Kemudian pada saat melakukan musyawarah, keputusan penyelesaian sengketa sebaiknya  berdasarkan win win solution. Dengan dasar pengawas pemilu harus bersikap objektif.

Kemudian Pengawas Pemilu juga harus meningkatkan keahliannya sebagai pihak yang dapat menyelesaikan sengketa  dan memiliki kemampuan sebagai mediator.

” Pengawas pemilu memiliki kemampuan untuk dapat memetakan serta menganalisa bentuk-bentuk konflik yang sedang dihadapi dan mencoba untuk merancang pendekatan terefektif untuk menyelesaikan,” pungkasnya. (rls)

 

Advertisement

Populer