Luncurkan Aplikasi Tangkal Hoaks, Pendukung Jokowi Ingin Pemilu Bersih

By on Sabtu, 23 Februari 2019

Kabartangsel.com, JAKARTA – Guna menangkal hoaks yang menyerang pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, The Jokowi Center meluncurkan aplikasi pendeteksi hoaks.‎ Direktur Eksekutif The Jokowi Center, Teuku Neta Firdaus mengatakan, aplikasi pendeteksi hoaks www.thejokowicenter.or.id adalah sarana untuk mendeteksi hoaks yang ada di pilpres.

“Ketika ada hoaks ini terdeteksi oleh aplikasi kami bahwa itu melanggar dari Undang-undang ITE. Jadi, siapa yang menyebar hoaks akan terdeteksi dengan sendirinya,” ujar Neta di Jakarta, Sabtu (23/2‎).

‎Neta mengatakan, nantinya apabila muncul berita viral yang kebenarannya belum terbukti, maka masyarakat bisa mengakses situs tersebut. Sehingga bisa diketahui bahwa berita tersebut hoaks atau bukan.

“Kemudian ada media analitik kami, tinggal klik langsung keluar,” katanya.

Selain itu sumber yang selalu mendiskreditkan Jokowi dan juga Ma’ruf Amin dengan melakukan hoaks akunnya juga terlacak di dalam situs tersebut.

“Misalnya berapa sentimen hari ini untuk Pak Jokowi, baik sentimen negatif dan positif. Kemudian ada orang-orang yang menyebutkan 2019 ganti presiden dan segala macam, menyebar dan berkomentar di situ akan keliahatan siapa,” ungkapnya.

(JPC)

Source