Connect with us

Banten

DPRD Dukung Pendaftaran Golok Banten Sebagai Warisan Dunia UNESCO

Rencana Pendaftaran Golok Banten sebagai warisan dunia UNESCO yang dilakukan oleh Polda Banten berdasarkan Surat Kepala Kepolisian Daerah Banten nomor: B/4142/XI/PTK.6.2/22 mendapat banyak dukungan baik dari Pemerintah Provinsi dan DPRD Provinsi Banten.

Sebagai tindak lanjut dari rencana pendaftaran Golok Banten ke UNESCO, dilaksanakan acara pembahasan lanjutan dari rencana pendaftaran tersebut yang dilaksanakan di Ruang Perjamuan Polda Banten, pada Jumat (18/11/22).

Executive Director Asia Pacific Centre for Ecohydrology (APCE) UNESCO Iskandar Zulkarnain menjelakan, bahwa dalam acara pembahasan ini didiskusikan peluang Golok Banten untuk diusulkan menjadi warisan dunia. Menurutnya terdapat beberapa aspek yang menjadi peluang untuk Golok Banten bisa menjadi warisan dunia yang diakui oleh UNESCO.

Namun ada beberapa catatan baik dari segi karakteristik, histori dan filosofi yang masih perlu ditelusuri lebih lanjut. Sehingga dalam hal ini Iskandar Zulkarnain selaku Executive Director APCE UNESCO menyarankan untuk membuat team khusus yang bertugas untuk mempelajari lebih lanjut mengenai mekanisme dan pengumpulan kriteria pendaftaran Golok Banten sebagai warisan.

Advertisement

“Kita tadi sudah sharing terkait mekanisme untuk mendaftarkan Golok Banten sebagai warisan dunia. Saya melihat ada beberapa aspek yang berpotensi baik dari sisi karakteristik, histori dan filosofi yang bisa di penuhi. Namun ini membutuhkan penelusuran lebih lanjut dan dibutuhkan team khusus,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Banten H. Budi Prajogo menyampaikan bahwa dalam hal ini DPRD Banten sangat mendukung penuh upaya pendaftaran Golok Banten ke UNESCO. Langkah pendaftaran Golok Banten sebagai warisan dunia yang dilakukan oleh Polda Banten ini merupakan sikap yang perlu mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh.

Lebih lanjut Budi Prajogo menuturkan bahwa Golok Banten memiliki nilai sejarah yang tinggi sebagai warisan budaya masyarakat Banten, sehingga perlu dijaga dan dilestarikan.

“DPRD sangat mendukung upaya pendaftaran Golok Banten sebagai warisan dunia. Langkah yang dilakukan oleh Polda Banten ini betul-betul perlu kita apresiasi dan dukung sepenuhnya. Ini sangat tepat untuk melestarikan budaya Banten, terlebih Golok Banten ini memiliki nilai sejarah yang tinggi serta keberadaan Golok Banten sebagai salah satu warisan budaya masyarakat Banten tetap terjaga eksistensinya,” tegasnya.

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer