Ucapkan Belasungkawa, Anies: Jakarta Bersama Christchurch

By on Selasa, 19 Maret 2019

Kabartangsel.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan rada keprihatinan dan bela sungkawa terhadap aksi penembakan di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru. Hal itu disampaikan memalui unggahan Instagram pribadinya @aniesbaswedan.

Anies menyampaikan dengan menggunakan bahasa Inggris melalui sebuah video. Ia memulainya dengan mengucapkan Innalillahi wa innailaihi roojiun.

“Kabar mengerikan dan duka datang dari kota Christchurch, Selandia Baru siang ini. Lebih dari 40 orang menjadi korban aksi teror keji ketika bersiap menunaikan Sholat Jumat di masjid Al Noor dan masjid Linwood, ini sangat mengejutkan dan menyedihkan bagi kita semua,” kata Anies, Jumat (15/3).

Atas nama warga Jakarta, ia menyampaikan turut berbelasungkawa bagi keluarga yang ditinggalkan dan juga kepada komunitas muslim di Selandia Baru.

“Jakarta bersama dalam solidaritas dengan Christchurch, Selandia Baru, dan semua warganya, yang terkenal karena kedamaian, keterbukaan dan keramahan terhadap semua orang dari berbagai golongan,” katanya lagi.

“Kami percaya pemerintah Selandia Baru sedang menangani tragedi ini dengan serius dan keadilan pasti akan ditegakkan,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Komisioner Polisi Selandia Baru Mike Bush mengatakan, jumlah korban tewas akibat penembakan di dua masjid di Selandia Baru mencapai 49 orang. Setidaknya, sebanyak 41 orang tewas seketika saat diberondong tembakan di Masjid Deans Avenue.

Sejauh ini, polisi telah menangkap tiga pria dan satu perempuan terkait penembakan di dua masjid di Selandia Baru pada Jumat (15/3). Sebelum terjadi penembakan, terdapat sebuah unggahan di media sosial terkait anti-imigran dan anti-Muslim.

Sebuah akun yang diyakini milik salah satu penyerang mengunggah sebuah tautan ke sebuah manifesto 87 halaman yang dipenuhi dengan ide-ide anti-imigran, anti-Muslim, dan penjelasan untuk sebuah serangan. Manifes tersebut pun belum ditandatangani.

(JPC)

Source