Connect with us

Bisnis

4 Inovasi Terbaru dari DANA: DANA Pay, Rapor DANA, Pembayaran STNK Via Signal, Kirim Uang dan Tarik Tunai di Alfamart

MIX.co.id – Jelang akhir Maret ini (25/3), dompet digital DANA kembali memperkenalkan empat inovasi produk terbarunya. Keempat inovasi tersebut adalah DANA Pay, Rapor DANA, Pembayaran STNK via Signal, serta Kirim Uang dan Tarik Tunai di Alfamart.

Keempat inovasi terbaru tersebut akan segera hadir dalam aplikasi DANA dan bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memberikan rekomendasi finansial hingga tarik tunai di gerai Alfamart.

Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia, menerangkan, selama empat tahun kehadirannya, DANA telah bertumbuh pesat. Saat ini, jumlah pengguna DANA sudah lebih dari 100 juta penguna, dengan rata-rata 8 juta transaksi per hari, dan 5 ribu online merchant, termasuk lebih dari 500 ribu UMKM yang memanfaatkan DANA Bisnis.

Advertisement

“Ini menunjukkan bahwa teknologi dan keamanan DANA semakin dipercaya dan semakin inklusif. Pembaruan yang kami sebut Inov4si Untuk Negeri ini merupakan wujud terima kasih kami atas kepercayaan dari seluruh pengguna dan mitra kepada DANA,” papar Rangga.

Lebih jauh ia menjelaskan, inovasi pertama adalah DANA Pay. Melalui inovasi ini, DANA ingin memastikan pengalaman bertransaksi digital pengguna bukan saja mudah, aman dan nyaman, tetapi juga makin pintar. Lewat pembaruan yang dilakukan, aplikasi DANA kini memiliki kemampuan mengombinasikan metode pembayaran (melalui saldo DANA, kartu debit maupun kredit) manakala saldo pengguna tidak mencukupi jumlah pembayaran.

Berkat pembaruan ini, DANA memungkinkan transaksi tetap berjalan selagi pengguna melakukan top-up untuk memenuhi saldo yang tidak mencukupi. Selanjutnya, pembayaran akan terselesaikan secara otomatis.

Inovasi kedua adalah Rapor DANA. Inovasi ini ditujukan sebagai platform pengetahuan bagi pengguna untuk meningkatkan literasi, membangun kebiasaan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan, hingga memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk menentukan langkah finansialnya.

Advertisement

“Dengan Rapor DANA, pengguna diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan melalui tiga aspek, yaitu profil yang mencakup informasi mengenai status keuangan pengguna, lalu pengetahuan untuk melihat pemahaman keuangan pengguna, hingga aspek perilaku untuk melihat kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna,” urainya.

Inovasi ketiga, Pembayaran STNK via Signal. Dengan inovasi ini, sompet digital DANA kini telah terintegrasi dengan Samsat Digital Nasional (Signal) untuk memudahkan pengguna membayar STNK. Pembayaran ini dapat ditemukan pada kategori Biller.

“Caranya pun mudah. Pengguna cukup memasukkan nomor tagihan dalam kolom yang disediakan lalu melakukan pembayaran menggunakan saldo DANA maupun kartu debit yang telah disimpan di dompet digital DANA,” imbuhnya.

Saat ini, layanan pembayaran Samsat Digital Nasional dengan DANA sudah mencakup 15 provinsi di Indonesia di antaranya Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Jawa Barat, NTB, Bali, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Riau, dan Sulawesi Barat.

Advertisement

Inovasi keempat, Kirim Uang dan Tarik Tunai di Alfamart. Inovasi ini sejalan dengan komitmen DANA untuk menciptakan layanan keuangan digital yang inklusif.

(rls/MC)

Advertisement

Populer