Connect with us

Lifestyle

Kata Penelitian, Diet Mediterania Bisa Tingkatkan Keberhasilan Bayi Tabung

Bagi Anda yang sedang menunggu-nunggu momongan datang, mungkin sudah mencoba berbagai cara. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan melakukan program bayi tabung. Memang tidak semua program bayi tabung akan berhasil, beberapa di antaranya bahkan gagal. Namun, sebuah penelitian baru yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction mengatakan bahwa diet mediterania dari Yunani, dapat meningkatkan keberhasilan program bayi tabung. Bagaimana bisa?

Diet mediterania bantu meningkatkan kesuburan

Sebuah penelitian baru dari Harokopion University of Athens menemukan bahwa diet mediterania bisa memengaruhi tingkat kesuburan wanita yang sedang menjalani program hamil melalui IVF (in fitro vertilization).

Studi ini mendata sebanyak 244 wanita yang dalam 6 bulan yang akan menjalani program hamil IVF untuk pertama kalinya. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa wanita yang dalam dietnya lebih banyak mengonsumsi sayuran segar, buah-buahan, biji-bijian, kacang polong, ikan, dan minyak zaitun seperti anjuran diet mediterania, punya peluang hamil 66 persen lebih besar daripada wanita yang tidak menjalani diet tersebut.

Advertisement

Temuan ini juga menyuarakan pentingnya untuk makan makanan sehat untuk meningkatkan kesuburan dan kerja organ reproduksi wanita. Selain itu, penelitian tersebut juga menemukan hasil yang baik bagi pria yang menjalani diet asal Yunani ini. Diet ini dapat meningkatkan kualitas sperma untuk pembuahan kehamilan.

Apa saja yang harus dimakan ketika menerapkan diet mediterania?

Diet mediterania adalah diet yang sebagian besar asupan makannya terdiri dari buah, sayuran, biji-bijian, pasta, beras dan minyak zaitun. Selain itu, di dalam diet tersebut Anda juga boleh menambahkan:

  • Keju rendah lemak
  • Buah-buahan seperti anggur dan buah zitun
  • Yoghurt plain
  • Ikan
  • Telur
  • Daging unggas
  • Kacang-kacangan

Di dalam diet untuk meningkatkan kesuburan ini kebanyakan isinya adalah makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan. Makanan tersebut bermanfaat untuk menyeimbangkan asupan lemak baik di tubuh, mengurangi peradangan di dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

Diet yang tepat harus dilakukan jauh sebelum program hamil dilakukan

Penelitian tersebut meminta para wanita untuk menerapkan diet mediterania enam bulan sebelum mereka melakukan program bayi tabung. Hal ini sebenarnya menandakan bahwa diet yang tepat sangat memengaruhi kesehatan reproduksi dan tingkat kesuburan wanita.

Maka itu, jika Anda ingin cepat hamil, sebaiknya mulailah terapkan diet yang sehat, seperti mengonsumsi sayuran, buah, serta sumber serat yang banyak dan menambah asupan berbagai vitamin.

Advertisement

Hindari makanan yang mengandung gula, kalori, serta lemak yang cukup tinggi, karena hal ini dapat memengaruhi kesehatan reproduksi dan bisa menaikkan berat badan.

Telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa wanita yang memiliki berat badan berlebih memiliki peluang hamil yang lebih kecil, termasuk ketika ia melakukan program bayi tabung.

Apakah saya harus mengonsumsi diet mediterania supaya program kehamilan berhasil?

Pada dasarnya, tak ada diet khusus yang bisa membantu meningkatkan kesuburan, yang terpenting Anda harus mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang supaya kesehatan reproduksi Anda selalu baik.

Bila Anda ragu dan bingung, terkait apa yang harus Anda makan supaya makin suburr, sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter dan ahli gizi Anda.

Advertisement

Artikel Berjudul ” Kata Penelitian, Diet Mediterania Bisa Tingkatkan Keberhasilan Bayi Tabung ” Bersumber dari Situs Hello Sehat.

Source

Pemerintahan18 jam ago

Jelang Porprov VII Banten 2026, Tangsel Percepat Finalisasi Venue dan Akomodasi

Pemerintahan18 jam ago

Jelang HUT ke-81 RI, Pemkot Tangsel Terus Matangkan Persiapan Upacara Kemerdekaan

Sport2 hari ago

Jadwal Dewata Challenge Series 2026: Bali United, Persib Bandung, dan Sabah FC

Pemerintahan2 hari ago

Kemarau Panjang, Pilar Saga Ichsan: Pemkot Tangsel Salurkan 339.200 Liter Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan

Serba-Serbi2 hari ago

Apa Itu DESIL?

Serba-Serbi2 hari ago

Cara Cek Desil DTSEN BPS dengan NIK

Sport3 hari ago

Jadwal Brisbane Roar vs Dewa United dan Persija Jakarta

Sport3 hari ago

Brisbane Roar Gelar Tur Pramusim ke Indonesia, Siap Jajal Kekuatan Dewa United dan Persija Jakarta

Banten3 hari ago

Dewa United Siapkan Kekuatan Baru di Super League 2026/2027

Sport3 hari ago

Persita Tangerang Datangkan Tyronne del Pino di BRI Super League 2026/2027

Banten3 hari ago

Dewa United Basketball Academy Jadi Wadah Pembinaan Talenta Muda Banten

Nasional3 hari ago

Wapres Gibran Rakabuming Raka Dorong Guru Besar Perkuat Kontribusi Bagi Pembangunan Nasional

Kuota Haji Reguler Terisi 70%, Pelunasan Sampai 14 Maret 2025
Hukum3 hari ago

Dugaan Korupsi Haji, Gus Alex Bantah Tuduhan Memperkaya Diri

Sport4 hari ago

18 Tim Peserta BRI Super League 2026/2027

Bisnis4 hari ago

Bank Jakarta Siap Bangun Biodigester Komunal Sampah Organik di Jakut

Kepala Diskominfo Kota Tangerang Selatan, Tb. Asep Nurdin
Pemerintahan4 hari ago

Diskominfo Tangsel Perluas Literasi Digital: Sasar Santri, Pemuda hingga Masyarakat Kewilayahan

Banten4 hari ago

Andra Soni: Sekolah Rakyat Mengurangi Angka Putus Sekolah di Provinsi Banten

Hukum4 hari ago

Polsek Kelapa Dua Amankan Tiga Terduga Pelaku Peredaran Obat Daftar G Tanpa Resep Dokter

Hukum4 hari ago

Kapolres Tangsel Ajak Pelajar Jauhi Tawuran dan Narkoba

Hukum4 hari ago

Sasar Lokasi Rawan Cegah Kejahatan Malam, Polsek Pondok Aren Patroli Razia Stationer

Pemerintahan3 minggu ago

Penataan Kabel Udara di Tangsel Terus Berlanjut, Jalan WR Supratman dan Merpati Raya Kini Lebih Rapi

Otomotif3 minggu ago

6 Mobil yang Wajib Dilihat di GIIAS 2026, ICAR V23 Jadi Pilihan Mobil Listrik Keren untuk Perkotaan

Sport5 hari ago

Daftar 18 Klub Peserta Super League 2026/2027, Lengkap dengan Kode Tim

Pemerintahan1 minggu ago

Transformasi Posyandu di Tangsel, Pilar Saga Ichsan: Kini Tak Sekadar Layanan Ibu dan Anak

Sport4 hari ago

18 Tim Peserta BRI Super League 2026/2027

Otomotif3 minggu ago

GIIAS 2026 Digelar 30 Juli sampai 9 Agustus

Sport5 hari ago

Jadwal Lengkap Super League 2026/2027 Pekan Pertama, 4-6 September 2026

Bisnis2 minggu ago

PNM Excellence Awards 2026, Apresiasi 70 Ribu Insan di Usia 27 Tahun

Techno2 minggu ago

Dugaan Penipuan Neva Convert, Banyak Korban Keluhkan Tukar Pulsa ke Saldo DANA Tidak Masuk

Bisnis2 minggu ago

SCG Dorong Inovasi Konstruksi Berkelanjutan dan Perluas Kapasitas Produksi

Bisnis2 minggu ago

Pembukaan Rute dan Layanan Baru Dongkrak Arus Peti Kemas Nasional

Bisnis2 minggu ago

Bersama PNM Mekaar Mesin Jahit Tua Utari Mampu Menghidupi Lima Keluarga

Bisnis2 minggu ago

Pacu Pertumbuhan Berkelanjutan, Telkom Perkuat Kepatuhan Regulasi

Bisnis2 minggu ago

Cetaphil Derm On Tour Hadirkan Edukasi Kulit Sensitif

Bisnis2 minggu ago

Menteri PPPA dan Kepala BPS Apresiasi Pemberdayaan PNM untuk Usaha Ekonomi Sirkular

Bisnis2 minggu ago

PNM Siapkan Babak Baru Transformasi Berbasis Kebermanfaatan

Nasional3 minggu ago

Menteri UMKM Maman Abdurrahman dan Kepala BPOM Teken MoU, Luncurkan Program SAPA SEMESTA UMK Pangan Olahan

Otomotif2 minggu ago

Suzuki Access 125, Rekomendasi Motor Matic 125cc yang Nyaman, Awet, dan Bergaya Retro

Nasional3 minggu ago

Perkuat Ekosistem Kewirausahaan Nasional, Kementerian UMKM Sambut Baik Terbentuknya PEWIRA

Sport2 minggu ago

Jadwal Semifinal Piala Presiden 2026 Persebaya Surabaya vs Arema Malang

Populer